Breaking News:

Berita Kalteng

VIDEO Penyelundupan Rotan Kalteng ke Luar Negeri Sangat Potensial

Rotan yang ada di Negara China itu kebanyakan merupakan rotan yang berasal dari Indonesia terutama dari Kalimantan Tengah

Penulis: Fathurahman | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP Cilbab Sampit, Indasah, tidak menyangkal adanya indikasi penyelundupan rotan Kalteng ke Luar Negeri seperti China.

Indasah menyebutkan, salah satu indikasi kuat adanya pendistribusian rotan secara ilegal ke luar negeri itu, karena Negara China saat ini disebut sebagai negara pengekspor rotan terbesar di dunia. Padahal China tidak punya hutan yang bisa menghasilkan rotan seperti di Indonesia terutama di Kalimantan Tengah.

"Rotan yang ada di Negara China itu kebanyakan merupakan rotan yang berasal dari Indonesia terutama dari Kalimantan Tengah, secara spesifik dari Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah ini, karena rotan Katingan adalah rotan terbaik di dunia," ujarnya.

Indasah, mengatakan, data ekspor rotan dari Kalteng  ke Negara China sangat banyak padahal saat ini, Kalteng tidak membolehkan ekport rotan keluar negeri sehingga dugaan penyelundupan rotan Kalteng ke luar negeri memang sangat besar terjadi disaat seperti ini, yang paling rawan penyelundupan rotan lewat jalur darat.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Sampit ini, mengatakan, pihaknya telah melakulan kajian tentang ekspor rotan yang saat ini masih terus berprogres untuk pembuatan aturan berupa Pergub tentang tata kelola rotan.

"Nantinya ketika Pergub Kalsel tersebut selesai dibuat aturan tersebut juga akan di copy ke Kalteng," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved