Breaking News:

Bumi Sanggam

Ekspos Inovasi Layanan Publik, Bupati Balangan Prioritaskan Layanan Kesehatan di Pedalaman

Bupati Balangan, Abdul Hadi melaksanakan ekspos inovasi layanan publik di Balangan. Ia menekankan prioritas peningkatan lahanan kesehatan di pedalaman

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, Abdul Hadi sampaikan inovasi daerah pada acara penilaian Tim Panel Independen KKIP 2021 melalui video teleconference, Selasa (13/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Bupati Balangan, Abdul Hadi melaksanakan ekspos inovasi layanan publik di Balangan. Hal paling utama yang ditampilkan ialah Pelayanan Kesehatan di Tapal Batas atau Pubertas.

Abdul Hadi menerangkan secara rinci perihal inovasi yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan ini. Dimana inovasi tersebut telah masuk dalam nominasi top inovasi pelayanan publik.

Dihadapan Tim Penilai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 melalui sambungan video teleconference, Selasa (13/7/2021), Abdul Hadi memaparkan kelebihan dari layanan kesehatan ini.

Apalagi Pubertas mengirimkan tenaga medisnya untuk pelayanan di wilayah pedalaman. Mereka jemput bola untuk melayani kesehatan warga pedalaman di Balangan.

"Kalau biasanya warga yang datang ke Puskesmas, melalui Pubertas ini,  tenaga medis yang jemput bola. Sehingga layanan kesehatan sampai ke wilayah terpencil sekali pun," jelas Abdul Hadi.

Pada kesempatan tersebut Tim Panel Independen juga menyambut baik inovasi yang disampaikan. Bahkan meminta adanya peningkatan layanan.

Usai penyampaian ekspos inovasi tersebut, Abdul Hadi menyampaikan arahan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Erwan Mega Karya Latif.

Ia meminta, Dinkes Balangan  untuk menambah tenaga dokter. Sehingga pelayanan medis ke pedalaman semakin meningkat.

Diketahui pula, program Pubertas masuk dalam inovasi layanan publik yang ditargetkan akan masuk 45 besar. Bahkan kalau bisa masuk 10 besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif menyampaikan, kegiatan Pubertas telah berlangsung sejak tahun 2010 lalu yang anggarannya bersumber dari DAK.

Namun sejak tahun 2016 kemarin, anggaran pelaksanaan bersumber dari APBD Kabupaten Balangan dan akan terus berlanjut.

Ada dua wilayah yang menjalankan program Pubertas yakni Puskemas Uren dan Tebingtinggi. 

Pada Puskesmas Uren, enam dusun dilayani oleh tenaga kesehatan. Di antaranya Dusun Tanjung Jelamu, Sawang, Libaru Sungkai dan Ambata. Sementara pada Kecamatan Tebingtinggi yakni Dusun Nanai.

Erwan juga akan mengundang tenaga medis dari luar daerah agar mau bekerja di wilayah pedalaman, mengingat adanya arahan bupati untuk menambah tenaga medis dan peningkatan layanan.(aol)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved