Breaking News:

Berita Balangan

Tim Kesehatan Ternak Kabupaten Balangan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Tim kesehatan dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan periksa sapi hewan kurban di Kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Lampihon

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Dokter hewan, Ayu Asrinandi, memeriksa kondisi kesehatan sapi yang akan menjadi hewan kurban, di Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (14/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Jelang Hari Raya Idul Adha, Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, melakukan pendataan dan pemeriksaan hewan kurban.

Semua peternak di Kabupaten Balangan mendapat kunjungan dari tim yang melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan yang akan dikurbankan.

Seperti saat Rabu (14/7/2021), tim dipimpin drh Ayu Asrinandi mendatangi peternak sapi di Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan, dan Kecamatan Lampihong. Mereka memeriksa kesehatan sapi yang ada. 

"Kami menyarankan agar pembeli melihat fisik calon hewan kurban, apakah layak atau tidak.  Begitupun peternak, agar selalu memperhatikan kondisi sapi, sesuai persyaratan menjadi hewan kurban," urai Ayu.

Baca juga: Kabupaten Balangan Berstatus Siaga Karhutla, Pemkab, TNI dan Polri Mulai Lakukan Antisipasi

Baca juga: VIDEO Jelang Idul Adha, Peternak Sapi di Balangan Mulai Ramai Didatangi Pembeli

Kelayakan hewan kurban dapat dilihat secara fisik yang memiliki ciri bulu bagus, nafsu makan bagus, mata jernih serta hidung yang basah. Selain itu, tidak ada kotoran dari anus. 

Beberapa syarat lainnya, cukup umur yang bisa dilihat dari kondisi gigi, tidak cacat semisal tanduk patah atau tellinga sobek.

Ciri terakhir, yakni tidak disarankan memilih hewan terlihat kurus yang ada kemungkinan memiliki penyakit. 

"Dari hasil pemeriksaan untuk hewan kurban, semua fisik sapi yang kami periksa dalam keadaan sehat," tandas Ayu, setelah memeriksa kondisi sapu milik peternak di Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan. 

Baca juga: Ekspos Inovasi Layanan Publik, Bupati Balangan Prioritaskan Layanan Kesehatan di Pedalaman

Baca juga: Nasibnya Digantung, 56 Satpam Pemkab Balangan yang Dirumahkan Ngadu ke DPRD, Tuntut Gaji Dibayarkan

Pada kesempatan yang sama, dia juga menyampaikan ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Balangan.

Adapun saat ini perkiraan permintaan hewan kurban mencapai 500 ekor. Terjadi penurunan dibanding tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

"Sapi ternak di Kabupaten Balangan juga didistribusikan ke daerah lain di wilayah Banua Anam dan sekitarnya. Sedangkan sapi yang disediakan kebanyakan dari Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut," pungkas Ayu.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved