Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Harga Kopi Luwak di Kalsel Tembus Sampai Rp 1 juta per Kilogram

Harga Kopi Luwak di Kalsel cukup bikin geleng-geleng kepala. Perkilogram dijual Rp 1 Juta

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Selain harga kopi di pasaran yang cukup stabil green bean (beras kopi) di harga Rp 50 ribu per kilo. Ada kopi yang harganya spesial dan mahal yakni kopi luwak.

"Untuk kopi luwak di Kalsel harga pasaran yakni Rp 1 juta," kata Founder Biji Kopi Borneo, Dwi Putra Kurniawan, Rabu (14/7/2021).

Bahkan, direncanakan kebun edukasi kopi yang dikelola oleh Biji Kopi Borneo kedepan akan dikonsep lebih bagus lagi, dengan dilengkapi oleh hewan Luak dan Kandangnya, serta dilengkapi beberapa gazebo.

"Kedepan kita akan tata. Di areal kebun belakang kedai kopi biji kopi di Banjarbaru ini akan ditata dan fokus ya dikembangkan kopi luak," kata Dwi Putra Kurniawan.

Dia juga berambisi untuk mengembang kan kopi di Kalsel untuk bisa masuk museum rekor dunia atau museum rekor Indonesia yang mana dalam satu kawasan ada empat jenis tanaman kopi yang terintegrasi.

"Dan itu di Indonesia masih belum ada. dan setelah kami teliti, di Kalsel ini yang cocok itu adanya di Hulu Sungai Tengah," kata dia.

Dijelaskan dia, ada empat jenis kopi Kopi Liberika (kab tanah laut, kab Banjar, Banjarbaru, HST dan rencana juga akan dikembangkan di Kab Batola).

Selanjutnya ada kopi jenis Excelsa dan saat ini dikembangkan di Kota Banjarbaru, Kab Banjar dan Kab Tanah Laut.

Selain itu, ada jenis Robusta yang dikembangkan di kabupaten Banjar, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten HST, Kab Balangan dan Banjarbaru.

Kemudian, ada jenis kopi Arabika yang tim saat ini kembangkan di Kabupaten HST. Dari enam kabupaten kota itu, di Kalsel yang sudah menghasilkan ada seluas 70 hektar dan masih baru tanam seluas sekitar 187 hektar. (Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved