Breaking News:

Berita Tapin

Personel BPBD Kabupaten Tapin Beri Pelatihan Penanggulangan Karhutla

Karyawan dan masyarakat peduli api dari PT Hasnur Citra Terpadu dan PT Barito Putera Plantation latihan tangani karhutla dipandu personel BPBD Tapin.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Latihan mengangani kebakaran hutan dan lahan (karhutl) di lapangan terbuka depan Kantor PT Hasnur Citra Terpadu (HCT), di bawah bimbingan personel BPBD Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (15/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin menggelar pelatihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (15/07/2021).

Pesertanya 51 personel pemadam, bertempat di lapangan terbuka depan Kantor PT HCT, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Pelaksanaan pelatihan ini guna meningkatnya peran serta pemerintah, para pelaku usaha dan masyarakat dalam satuan penanggulangan Karhutla.

Sealan itu, juga turut serta mewujudkan kesiapsiagaan dan pemberdayaan pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat dalam mencegah dan menanggulanginya.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tapin, H Akhmad Syofyan, S.AP., MM, sasaran yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah anggota pemadam kebakaran yang terlatih, terorganisasi, peralatan lengkap.

Baca juga: Vaksinasi dari Puskesmas Tapin Utara Kalsel Terhenti karena Stok Habis

Baca juga: Pelaku Penipuan Arisan Online Berhasil Dibekuk Personel Polsek Tapin Utara

"Selain itu juga agar terciptanya koordinasi serta kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan personel pemadam kebakaran dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Pelatihan dilaksanakan dengan konsep penyampaian materi dan pelaksanaan simulasi di Lapangan.

Materi yang diberiktan, teknik dasar pencegahan dan penanganan Karhutla, pengenalan standar sarana dan prasarana pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

"Serta, komunikasi mengunakan radio saat penanganan karhutla, pengarahan dan simulasi penanganan karhutla," sebutnya.

Proses simulasi, peserta dibagi menjadi beberapa regu. Setiap peserta mempunyai tugas, yaitu komando, laporan, operator mesin pemadam dan pengguna alat-alat.

Baca juga: VIDEO TMMD Kodim 1010 Tapin Resmi Ditutup, Ini Harapan Danrem 101/Antasari

Baca juga: Perusahaan Swasta Gelar Vaksinasi Massal Mandiri, Begini Respon Dinkes Tapin

Para peserta itu dari  Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (TPKD) PT Hasnur Citra Terpadu (HCT), Masyarakat Peduli Api (MPA) PT HCT, Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (TPKD) PT Barito Putera Plantation (PT BPP)  dan  Masyarakat Peduli Api (MPA) PT BPP.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved