Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Kebakaran di Banjarmasin, Api Lalap Gudang Buku di Jalan HKSN Kuin Utara

Kebakaran di Banjarmasin. Gudang buku hangus di Jalan HKSN Kompleks Surya Gemilang, Blok P RT 12 RW 02, Kelurahan Kuin Utara. Kerugian Rp 210 juta.

Penulis: Noor Masrida | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebakaran di Banjarmasin. Buku-buku pelajaran ada yang hangus dan sebagiannya juga masih utuh namun basah akibat tersiram air, Kamis (15/7/2021).

Seorang warga, Abdillah, mengatakan bangunan yang terbakar di Jalan HKSN Kompleks Surya Gemilang, Blok P RT 12 RW 02, Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan gudang buku.

Sementara itu, Jairin, anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), mengaku, sempat melihat asap dari kamar depan rumah tersebut.

"Pertama itu, saya lihat asap dari jendela, saya suruh anak saya menelepon pemiliknya. Sempat menelepon pemiliknya. Setelah itu membesar dan langsung kami mengambil mesin penyemprot air," ungkapnya.

Baca juga: VIDEO Kebakaran di Kalsel, Cerita Ustaz Pertama Melihat Api di Ponpes Al Falah Banjarbaru

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Relawan Damkar Martapura Galang Donasi untuk Kebakaran Ponpes Al-Falah

Lain lagi dengan sang penjaga rumah, Ilham, mengatakan tidak ada tanda-tanda api akan muncul sebelum kebakaran.

Apalagi selama ini ia mengaku tidak pernah memasak dan lainnya yang bisa memicu api disitu, sejak tinggal mulai 2013.  Terlebih sebelumnya ia sempat melakukan dua kali pengantaran buku dari toko ke gudang.

“Tadi dua kali meantar buku ke sini, tapi tidak ada apa apa. Tenang saja waktu mengantar bulu," ucapnya.

Atas kejadian ini, Kepala Polsekta Banjarmasin Utara, Kompol Indra Agung Perdana Putra, memaparkan, dugaan sementara api berasal dari arus pendek listrik.

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Ricky Berniat Jual Rumah Untuk Disumbangkan ke Ponpes Al Fallah Yang Terbakar

Baca juga: Kebakaran Kalsel, Rumah Kai Amat di Kandangan HSS Sudah Dua Kali Terbakar

"Yang terbakar adalah satu bangunan yang difungsikan sebagai gudang penyimpanan buku pelajaran," papar Kapolsekta.

Dilanjutkan Kapolsekta, menurut keterangan saksi, rumah ditinggal dalam keadaan kosong. Kemudian, api langsung membesar dari bagian depan. Tidak berapa lama, berhasil dipadamkan tim gabungan pemadam.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materiil sekitar Rp 210 Juta.

Kebakaran di Banjarmasin. Petugas semprotkan air untuk padamkan api yang membakar gudang buku di Jalan HKSN Kompleks Surya Gemilang, Blok P RT 12 RW 02 Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (15/7/2021).
Kebakaran di Banjarmasin. Petugas semprotkan air untuk padamkan api yang membakar gudang buku di Jalan HKSN Kompleks Surya Gemilang, Blok P RT 12 RW 02 Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (15/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/NOOR MASRIDA)

Adapun maraknya kebakaran yang terjadi, Kompol Indra berpesan agar masyarakat selalu waspada.

"Mari kita selalu waspada terhadap bahaya kebakaran dengan cara mematikan aliran listrik yang tidak perlu, matikan kompor dan aktifkan ronda malam untuk mengantisipasi bahaya kebakaran," ujarnya.

Kepada Bhabinkamtibmas yang bertugas, ia turut mengatakan untuk lebih gencar menyampaikan imbauan kepada warga tentang hal ini.

(Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved