Breaking News:

Idul Adha 2021

Sampel Khutbah Idul Adha 2021, Persiapan Tak Ada Sholat Idul Adha di Masjid dan Lapangan Tahun Ini

Persiapan Shalat Idul Adha 2021 di rumah, bisa lihat sampel alias contoh teks naskah khutbah Idul Adha 1442 H/2021 berjudul Berkurban di Masa Pandemi

(muslimvillage)
Ilustrasi shalat Idul Adha.Sampel Khutbah Idul Adha 2021, Persiapan Tak Ada Sholat Idul Adha di Masjid dan Lapangan Tahun Ini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tahun ini tidak ada shalat Idul Adha di lapangan atau masjid. Kebijakan itu disampaikan langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Hal tersebut imbas dari kondisi Indonesia yang tengah menghadapi lonjakan Covid-19 dan sedang dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Namun bukan berarti umat Islam tidak bisa mengerjakan Sholat Idul Adha. Sebab sholat sunnah ini bisa dikerjakan di rumah berjemaah.

Nah, sebagai persiapan Shalat Idul Adha 2021 di rumah, bisa lihat sampel alias contoh teks naskah khutbah Idul Adha 1442 H/2021 berjudul Berkurban di Masa Pandemi, berikut ini.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan, Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 berdasarkan hasil sidang isbat.

Lantaran masih masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Kemenag mengimbau, agar shalat Idul Adha 1442 H ini dilaksanakan di rumah.

Peniadaan shalat Idul Adha di masjid atau lapangan diatur dalam Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021.

Baca juga: BESOK Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2021, Ini Niat dan Keutamaannya Sebelum Puasa Arafah 1442 H

Baca juga: Tata Cara Melaksanakan Shalat Idul Adha 2021 di Rumah, Ini Penjelasan Buya Yahya

Terlebih pada daerah yang berstatus zona merah dan orange, shalat Idul Adha di lapangan terbuka atau di masjid/musala, ditiadakan.

Sementara untuk selain zona merah dan orange atau daerah yang dinyatakan aman, boleh menggelar shalat Idul Adha di lapangan terbuka atau di masjid/musala.

Asalkan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved