Breaking News:

Wisata ke Sungai Biuku Banjarmasin

Wisata Kalsel, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Ceritakan Asal Usul Nama Wisata Sungai Biuku

Wisata Kalsel. Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, sebut banyak biuku atau sejenis kura-kura di Sungai Biuku Kelurahan Sungai Andai.

Penulis: Noor Masrida | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NOOR MASRIDA
Wisata Kalsel. Patung Biyuku di destinasi Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (17/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dua tahun belakangan ini di Banjarmasin terdapat objek wisata baru, yakni Objek Wisata Sungai Biuku.

Lokasinya, Kampung Selanjung Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banjarmasin. Tempat wisata ini berbaur dengan pemukiman warga. 

Memasuki kawasan ini, Anda seperti dibawa kembali ke suasana pedesaan di mana masih banyak pepohonan dan sungai yang jernih. 

Baca juga: Wisata Kalsel, Menikmati Alam Pedesaan di Kota Banjarmasin Datang Saja ke Sungai Biuku

Di tambah dengan suasa-suara alam seperti burung hingga serangga. Belum lagi beberapa rumah warga masih ada yang masih asli bangunan khas suku Banjar.

Lantas kenapa dinamakan Sungai Biuku? Menurut Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, beberapa waktu lalu, Sungai Biuku merupakan sebuah tempat wisata alamiah.

Sungai dan budaya, lanjutnya, ditampilkan. Ada lomba jukung, lempeng balayung, kesenian dan lain-lain.

"Ini mendukung program Pemko Banjarmasin mewujudkan destinasi berbasis sungai. Menjadikan Kota Banjarmasin sebagai kota pariwisata," ucapnya.

Baca juga: Banyak Makam Tokoh Sejarah Kerajaan Banjar, Kompleks Makam Sultan Suriansyah Dijadikan Cagar Budaya

Baca juga: VIDEO Kompleks Makam Sultan Suriansyah Resmi Dibuka, Peziarah Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Ditambahkan Ibnu Sina, alasan disebut Sungai Biuku. Karena, dulu di lokasi ini banyak biuku atau sejenis kura-kura sungai.

"Di Sungai Biuku ini juga bisa dikembangkan sebaga agro wisata karena sebagai penghasil rambutan. Pengunjung bisa beli rambutan dan memetiknya secara langsung," ucapnya. 

Hal ini turut pula didukung dengan beberapa patung biuku yang diletakkan di beberapa tempat di objek wisata tersebut di mana pengunjung bisa berfoto di sana.

(Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved