Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Sebanyak 8 Desa Baru di Tanahbumbu Dapatkan Kode, Pjs Kepala Desa Segera Dilantik

Sebanyak 8 desa, berhasil dimekarkan di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) setelah dapat kode desa.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Samsir Plt Kadis PMD Tanbu 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sebanyak 8 desa, berhasil dimekarkan di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) setelah dapat kode desa.

Pasalnya, dalam waktu dekat ini, pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa untuk 8 desa akan segera dilantik Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanbu, Samsir, Minggu (18/7/2021) kepada banjarmasinpost.co.id.

" Sesuai Permendagri no 1 tahun 2017 tentang penataan desa, di kabupaten Tanahbumbu ada 8 desa pemekaran yang sudah mendapatkan kode desa oleh Pjs Gubernur Kalimantan Selatan," katanya.

Baca juga: Bimtek Pra Tugas, Wabup Tekankan Kades Terpilih Patuhi Regulasi Pengelolaan Dana Desa

Baca juga: Resmi Dilantik, Kades Tamban Realisasikan Perkerasan Jalan Desa

Baca juga: Pandemi, Biaya Pilkades 19 Desa di Balangan Bengkak Jadi Rp 1,3 Miliar

Setelah lebaran Idul Adha 1442 H nanti, akan dilaksanakan pelantikan seluruh Pjs kepala Desa pemekeran itu secera serentak.

Desa pemakaran itu yaitu di Kecamatan Simpangempat ada Desa Hidayah Makmur, Plajau Mulia, Kupang Berkah Jaya.

Di kecamatan Satui ada desa Sido Rejo, Beruntung jaya, Berkat Mufakat, Makmur Jaya. Sedangkn di Kecamatan Karang Bintang ada Karang nunggal.

" Tugas dan fungsi Pjs kepala desa pemekaran adalah menyiapkan desa untuk menjadi defenitif, fasilitas pelayanan dan sukseskan pemilihan kepala desa defenitif," katanya.

Sebelum pelantikan, lanjut Samsir, sementara kantor yang dipakai masih menyewa atau kontrak rumah masyarakat yaitu melalui ADD yang di anggarkan 30 persen di desa Induk.

" Saya optimis dengan dilantiknya pjs kepala desa pemekaran akan memudahkan pelayanan publik serta meningkatkan pembangunan di desa sehingga terciptanya pemerataan pembangunan di kabupaten tanahbumbu," katanya.

Saat ini, Tanbu memiliki 144 desa dan 5 kelurahan. Dengan bertambahnya 8 desa, maka jumlah desa dari 12 kecamatan yang ada di Bumi Bersujud ini, maka totalnya kini menjdi 152 ditambah 5 kelurahan. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved