Pupur Bangkal di Tengah Kosmetik Modern

Usaha Pupur Bangkal Zaini di HST Libatkan Lima Keluarga, Tiap Lebaran Beri Paket Sembako dan Liburan

Semasa pupur bangkal masih Berjaya di HST dan Kalsel, di tahun 90-an HM Zaini bisa mempekerjakan 10 keluarga, kini hanya tinggal 5 keluarga

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/hanani
HM Zaini, perajin pupur bangkal di Jalan Simpang Empat Keramat Manjang Barabai dengan pupur bangkal yang dikemas dalam karung dan siap dikirim ke Banjarmasin, Samarinda hingga Ujung Pandang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebagai pemilik usaha rumahan produk pupur bangkal asli Bunga Melati, HM Zaini terbilang sukses menggeluti usaha kecil ini.

Bahkan, semasa pupur bangkal sebagai produk perawatan kulit tradisional masih Berjaya di HST dan Kalsel pada umumnya, di tahun 90-an dia bisa mempekerjakan 10 keluarga.

Meski diakui, masuknya kosmetik modern cukup memengaruhi penjualan, namun tak sampai menghilangkan pangsa pasar.

Baca juga: Pupur Bangkal Rahasia Kulit Halus, Masih Digunakan Perempuan di HST

Baca juga: Sebelum Bersanding di Pelaminan, Penganten di HST Luluran dan Batimung Menggunakan Pupur Bangkal

“Sekarang, saya mempekerjakan hanya lima keluarga. Mereka saya antari bahan, yaitu bubuk kayu bangkal dan tepung beras, kemudian mereka membuat sendiri pupur bangkal sampai proses penjemuran bersama anggota keluarga masing-masing. Alhamdulillah mereka pun ikut menjadi bagian dari produksi kami selama puluhan tahun,” kata HM Zaini.

Untuk mengapresiasi para pekerjanya yang tinggal di desa-desa, Zaini pun tiap lebaran memberikan paket sembako kepada mereka.

Baca juga: Berbahan Kayu Bangkal dari Hutan Rawa di HST, HM Zaini Pasarkan Pupur Bangkal ke Berbagai Provinsi

Baca juga: Beromset Puluhan Juta, Tiap Minggu Pengusaha di HST Pasok 500 Kilogram Pupur Bangkal ke Mitra Usaha

Bahkan, sekali-sekali jika penjualan tinggi, mereka diajak berlibur seperti ziarah ke makam-makam para ulama dan wali di luar daerah.

Bagi Zaini yang sudah berhaji bersama istri dari hasil usaha pupur bangkal ini, niat mencari nafkah melalu usaha ini adalah mencari keberkahan dalam rezeki.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved