Breaking News:

Berita Banjarmasin

65 Guru TPQ/TPA Banjarmasin Ikuti Diklat Standarisasi Guru Alquran Metode Tilawati Madinatu Taqwa

TPQ Madinatu Taqwa di bawah naungan Yayasan At Taqwa Banjarnasin menggelar Diklat Standarisasi Guru Alquran Metode Tilawati level 1.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
Sarkani untuk Bpost
65 Guru Ikuti Diklat Standarisasi Guru Alqur'an Metode Tilawati Madinatu Taqwa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terus meningkatkan mutu dan kualitasnya, khususnya kemampuan dan kompetensi para pengajar, TPQ Madinatu Taqwa di bawah naungan Yayasan At Taqwa Banjarmasin menggelar Diklat Standarisasi Guru Alquran Metode Tilawati level 1.

Bekerjasama dengan KPA Tilawati Kota Banjarmasin dan digelar di Kompleks Masjid Besar At-Taqwa, Jalan A Yani kilometer 4 Banjarmasin, diklat yang diikuti 65 peserta guru TPQ/TPA dari Banjarmasin ini dilaksanakan sejak Jumat (18/7/2021).

Kepala Cabang Tilawati Al Baqir Kalsel, Ustad H Umairah Bakir selaku pembimbing, Senin (19/7/2021) mengatakan, ada sejumlah metode pembelajaran yang digunakan dalam diklat agar dapat mempermudah masyarakat dalam membaca dan mempelajari Alquran.

Satu di antaranya yaitu metode Tilawati, dimana metode ini, kata Ustad H Umairah memiliki sejumlah karakteristik yaitu praktis dalam penyampaiannya, menggunakan nada rost (3 nada yaitu datar, naik, turun, disusun buku/kitab dasar mulai dari jilid 1-6.

Baca juga: Banjarmasinpost Grup Serahkan Hewan Kurban ke Masjid Hasanudin Madjedie Banjarmasin

Baca juga: Gelar Salat Idul Adha 1442 H, Begini Kesiapan Masjid Sabilal Muhtadi Banjarmasin

Selain itu, metode ini pun menggunakan pendekatan klasikal peraga dan pendekatan baca simak murni secara seimbang.

Materi diklat disampaikan menggunakan lagu rost dan metodologi pengajaran jilid 1 - 5.

“Ada juga gharaib musykilat jilid 6, pengenalan dan pengajaran tilawati PAUD, strategi pembelajaran metode tilawati, teknik munaqasyah, microteaching dan munaqasyah,” kata Ustad H Umairah.

Ustadz M Noor Sya'ban dari tim KPA Tilawati Al-Ikhlas Kota Banjarmasin yang juga salah pemateri dan penguji pada diklat ini menambahkan, metode tilawati berirama lagu rost bisa membuat pembelajaran Alquran lebih menyenangkan khususnya bagi murid anak-anak.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Ifan Tak Berkutik Diciduk Saat Akan Transaksi Sabu Depan Stadion 17 Mei Banjarmasin

Baca juga: Satgas Covid Kecamatan Batulicin Test Antigen Pengunjung Taman Batulicin City

“Karenanya yang menjadi tujuan dari diklat standarisasi guru Alquran ini adalah terciptanya guru Al-Quran yang mahir, terampil, luwes, menarik serta menyenangkan dalam mengajar Al-Quran. Dan itu dilakukan dengan irama lagu rost," bebernya.

Sementara itu, Koordinator Penyelenggara Diklat, Nurul Madinah yang juga merupakan Kepala TPQ Madinatu Taqwa, mengatakan, setiap peserta juga mendapatkan fasilitas buku tilawati 1-6, stategi PAUD, buku strategi mengajar dan teknik munaqasyah serta mendapatkan sertifikat atau syahadah.

“Peserta sangat antusias menyelesiakan setiap sesinya. Kami juga tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 karena sekarang masih masa pandemi," terangnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved