Breaking News:

Idul Adha 2021

Hukum Sholat Idul Adha di Rumah Tanpa Khutbah? Berikut Penjelasan Majelis Ulama Indonesia

Pelaksanaan sholat Idul Adha bisa dilakukan sendiri dan berjamaah. Apabila dilakukan sendiri, maka hanya menjalankan shalatnya saja.

Editor: Anjar Wulandari
(TRIBUN/BIRO PERS)
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melaksanakan sholat Iedul Adha di Lapangan Merdeka Sukabumi. Jumat (1/9/2017).Hukum Sholat Idul Adha di Rumah Tanpa Khutbah? Berikut Penjelasan Majelis Ulama Indonesia 

BANJARMSINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag) telah mengeluarkan aturan pelaksanaan ibadah Idul Adha 2021, melalui Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021.

Aturan itu memutuskan untuk meniadakan sementara segala pelaksanaan ibadah Idul Adha mulai tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah 1442 H terutama di wilayah PPKM Darurat

Untuk daerah PPKM Darurat yang termasuk zona merah dan oranye pelaksanaan ibadah Idul Adha ditiadakan untuk sementara. Namun umat muslim masih dapat melaksanakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Namun untuk daerah yang tidak termasuk dalam wilayah PPKM Darurat dan merupakan wilayah zona hijau dan kuning diperbolehkan melaksanakan shalat Idul Adha dengan kapasitas maksimal 50 persen jemaah dengan memakai protokol kesehatan ketat.

Terkait pelaksanaan Sholat Idul Adha di daerah zona merah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan pelaksanaan salat Idul Adha tetap dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga.

Baca juga: JANGAN Lupa Tata Cara Mandi Wajib Jelang Sholat Idul Adha 2021, Diawali Bismillah dan Berwudhu Dulu

Baca juga: Hari Raya Idul Adha 1442 H, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo Ingatkan Ini

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, menjelaskan pelaksanaan sholat Idul Adha bisa dilakukan sendiri dan berjamaah.

Apabila dilakukan sendiri, maka hanya menjalankan shalatnya saja.

Jika berjamaah bersama keluarga, bisa disertai dengan khutbah atau tidak.

Cholil menjelaskan, dalam pelaksanaannya, memang ada shalat dan khutbah.

Namun, sahnya shalat Idul Adha dan Idul Fitri tidak tergantung pada khutbah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved