Breaking News:

Idul Adha 2021

TATA Cara Shalat Idul Adha 2021 di Rumah, Dilengkapi Khutbah Singkat dan Mudah

Berikut ini tata cara shalat Idul Adha 2021, dilengkapi dengan bacaan niat serta contoh khutbah yang singkat dan mudah dipraktikkan.

Editor: Anjar Wulandari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ENDRO
Ilustrasi Berdoa.TATA Cara Shalat Idul Adha 2021 di Rumah, Dilengkapi Khutbah Singkat dan Mudah 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Idul Adha 2021 tinggal sehari lagi. Berikut ini tata cara shalat Idul Adha, dilengkapi dengan bacaan niat serta contoh khutbah yang singkat dan mudah dipraktikkan.

Seperti diketahui, Idul Adha 2021 masih berlangsung di masa pandemi covid-19. Terlebih saat ini juga diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Darurat.

Pemerintah melalui Kementerian Agama ( Kemenag) telah mengeluarkan aturan pelaksanaan ibadah Idul Adha 2021, melalui Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021. Aturan itu memutuskan untuk meniadakan sementara segala pelaksanaan ibadah Idul Adha mulai tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah 1442 H terutama di wilayah PPKM Darurat.

Segala bentuk peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H ditiadakan untuk sementara.

Untuk daerah PPKM Darurat yang termasuk zona merah dan oranye pelaksanaan ibadah Idul Adha ditiadakan untuk sementara. Namun umat muslim masih dapat melaksanakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Sementara itu, untuk daerah yang tidak termasuk dalam wilayah PPKM Darurat dan merupakan wilayah zona hijau dan kuning diperbolehkan melaksanakan shalat Idul Adha dengan kapasitas maksimal 50 persen jemaah dengan memakai protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Bacaan Takbir di Malam Idul Adha, Takbir Keliling Ditiadakan Selama Masa PPKM Darurat

Baca juga: DIBACA Besok, Ini Niat Mandi Wajib Sebelum Sholat Idul Adha 2021, Tata Caranya bagi Wanita dan Pria

Kemudian, guna menekan kerumunan, untuk penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sehari setelah Idul Adha.

"Edaran ini antara lain mengatur terkait dengan peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah. Artinya, di rumah-rumah ibadah tidak dilakukan kegiatan yang menghadirkan jemaah di masa PPKM Darurat ini," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Jumat (16/7/2021), dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (19/7/2021).

Dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha 2021 di Rumah, Lengkap dengan Contoh Khutbah.

Ketentuan dan Tata Cara Shalat Idul Adha di Rumah

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved