Breaking News:

Berita HSU

Tiap Desa di Kabupaten HSU Ada yang Bisa Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten HSU ajari perwakilan tiap desa untuk bisa meeriksa kesehatan hewan kurban.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
I GUSTI PUTU SUSILA
Pemeriksaan hewan kurban di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Veteriner Dinas Pertanian telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan.

Hasilnya, seluruh hewan kurban dengan kondisi sehat dan tidak ada yang terkena pengakit. 

Memenuhi standar minima umur dan berjenis kelamin laki laki, selain melakukan pengecekan, juga dilakukan sosialisasi tentang cara penyembelihan dan pengecekan organ dalam hewan yang sehat untuk dikonsumsi. 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Veterinet Dinas Pertanian HSU, I Gusti Putu Susila, Minggu (18/7/2021), mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan hewan kurban dani pusat penjualan, peternakan hingga pembesaran hewan kurban.

Baca juga: Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Kembali Dilaksanakan di Kabupaten HSU

Baca juga: Ratusan Warga HSU Antri Ikuti Vaksinasi Massal

Baca juga: Bantu Warga, Disperingkop UKM HSU Gelar Pasar Murah

Baca juga: Hidup dari Tanaman Purun, Perajin HSU Ini Seharian Mengayuh Dayung Ditengah Rawa Cari Purun

Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat utuk pengecekan kondisi hewan sebelum dilakukan penyembelihan dan pengecekan kondisi daging dan organ dalam hewan kurban.

“Kegiatan ini memang sudah setiap tahun dilakukan. Namun kami terus memberikan sosialisasi untuk mengingatkan kembali kepada warga, terlebih panitia penyembelihan hewan kurban di desa yang biasanya juga mengalami perubahan,” ujarnya. 

Untuk di desa, juga sudah dibentuk dan ditunjuk paling tidak satu desa ada yang mengerti untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

“Sosialisasi kami lakukan dengan mengundang beberapa desa di beberapa kecamatan sehingga setiap desa ada yang mengetahui bagaimana cara serta mengetahui cara pengecekan hewan kurban,” ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved