Breaking News:

Idul Adha 2021

Lapas Teluk Dalam Banjarmasin Gelar Dzikir Akbar Hingga Ibadah Kurban

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin melaksanakan ibadah kurban, dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H, hari ini Selasa (20/7/2021

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Prosesi potongan hewan kurban dalam rangkaian Hari Raya Idul Adha 1442 H di Lapas Kelas IIA Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin melaksanakan ibadah kurban, dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H, hari ini Selasa (20/7/2021) pagi.

Setidaknya ada enam ekor sapi dan dua ekor kambing yang dijadikan hewan kurban di lapas yang juga dikenal dengan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin ini.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di lingkungan lapas, dan juga disaksikan oleh warga binaan. Bahkan warga binaan dilibatkan langsung dalam proses pemotongan daging kurban.

Sebelum dilakukan pemotongan hewan kurban, warga binaan dan juga petugas Lapas Kelas II A Banjarmasin bersama-sama menggelar salat ied.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Kurban Idul Adha 2021, Sebelum Menyimpan Jangan Dicuci

Baca juga: Kawal Pelaksanaan Idul Adha, Polresta Banjarmasin Turunkan Ratusan Personel

Baca juga: Sholat Idul Adha di Masjid Jami Banjarmasin, Jemaah Konsisten Jaga Jarak

Turut hadir juga dalam salat ied hingga pemotongan hewan kurban tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kalsel, Sri Yuwono.

"Alhamdulillah Lapas Kelas IIA Banjarmasin kembali melaksanakan ibadah kurban untuk tahun ini. Insya Allah tahun depan seluruh petugas kita juga akan berkurban," ujar Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Porman Siregar.

Porman menambahkan bahwa dalam kegiatan pemotongan hewan kurban, warga binaan sengaja dilibatkan.

"Sengaja kita libatkan juga warga binaan, supaya menjadi pembelajaran dan supaya mereka pun terpanggil untuk tetap berkurban," katanya.

Sehari sebelum lebaran Idul Adha 1442 H, atau Senin (19/7/2021) Lapas Kelas IIA Banjarmasin juga menggelar Dzikir Akbar dan Doa Bersama.

Dzikir Akbar dan Doa Bersama tersebut diikuti oleh ribuan warga binaan, dan tujuannya adalah agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Turut hadir dalam kegiatan Dzikir Akbar dan Doa Bersama tersebut, Wali Kota Banjarmasin yakni H Ibnu Sina dan juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kalsel, Sri Yuwono.

Kepada awak media, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kalsel, Sri Yuwono pun mengapresiasi rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Lapas Kelas II A Banjarmasin tersebut.

Apalagi menurutnya pelaksanaan ibadah kurban tersebut, juga sejalan dengan program Kemenkum HAM Berbagi.

"Kita ada program Kemenkum HAM berbagi, dan ini termasuk dalam rangkaiannya. Kita juga akan melakukan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved