Breaking News:

Wabah Corona di Kalsels

Pemakaian Ruang ICU di Kalsel Capai 66 Persen, Pemprov Kalsel Wacanakan Rumah Sakit Darurat

Ruang Intensive Care Unit (ICU) atau ruang perawatan dengan pengawasan ketat di rumah sakit di Kalimantan Selatan kini semakin naik pemakaiannya.

Penulis: Milna Sari | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ruang Intensive Care Unit (ICU) atau ruang perawatan dengan pengawasan ketat di rumah sakit di Kalimantan Selatan kini semakin naik pemakaiannya.

Ungkap PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA Selasa (20/7/2021) pemakaian ruang ICU hingga kemarin sudah 66 persen dari ketersediaan.

Jika pemakaian ruang ICU naik hingga 80 persen maka pihaknya akan meminta agar dibuat rumah sakit darurat Covid 19.

"Kalau nanti mendekati 80 persen, kita akan pasangan RS darurat. Wali Kota Banjarmasin sudah siap untuk rencana rumah sakit darurat, kalau tidak mumpuni juga nanti akan dibuat lagi tenda darurat," jelasnya.

Baca juga: XL Axiata Terus Peluas Jangkauan Layanan VoLTE, Kini Sudah Hadir di 224 Kota Kabupaten

Baca juga: Resmi, Pemerintah Kabupaten Kotabaru Surati MenPAN RB Tidak Angkat 1.500 PPPK

Baca juga: DPRD dan Pemkab Batola Tandatangani Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020

Saat ini, ujarnya, semua rumah sakit di Kalsel telah diminta untuk menambah jumlah ICU sambil terus dilakukan pengereman kasus Covid 19 di tiap daerah.

"Saya sudah mengirim surat ke bupati dan wali kota surat dari Mendagri agar Satgas bersama kepolisian menggiatkan penegakkan protokol kesehatan, tegas namun harus disampaikan dengan cara santun," bebernya.

Tracing dan testing jelasnya juga terus dilakukan demi memutus penyebaran Covid 19 dari satu orang ke orang lain. "Sebisa mungkin cari sebanyak-banyaknya," imbuhnya.

Begitu juga dengan tempat isolasi tambah Safrizal pihaknya sudah meminta tiap kabupaten kota agar menambah tempat isolasi.

Diketahui Pemprov Kalsel juga akan kembali menfungsikan di Gedung BPSDM Kampus II, Jalan Ambulung, Banjarbaru bakal kembali dibuka untuk karantina khusus Covid-19.

(banjarmasinpost.co.id/Milna)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved