Breaking News:

Idul Adha 2021

Umat Hindu di Rantau Parupuk Ikut Jemput Sapi Kurban Bantuan Baznas HST Kalsel untuk Mualaf

Idul Adha 2021, meski ada yang mualaf memeluk Islam, warga beragama Hindu di Rantau Parupuk Desa Datar Ajab Kabupaten HST tetap tunjukkan toleransi.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Warga dari umat Hindu membantu penjemputan sapi kurban dari Baznas untuk warga muslim mualaf di Rantau Parupuk, Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Idul Adha 2021. Toleransi antarumat beragama tetap terawat di kalangan masyarakat adat di Pegunungan Meratus.

Itu terlihat jelas di Rantau Parupuk, Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan.

Meski sebagian warga ada yang menjadi mualaf memeluk agama Islam, warga yang beragama Hindu tetap menujukkan sikap toleransi.

Bahkan, saat penjemputan Sapi Kurban yang diantar Baznas HST ke Desa Arangani untuk mualaf, Senin (19/7/2021), umat Hindu ikut membantu proses penjemputan sapi.

Baca juga: Baznas Kabupaten HST Salurkan Sapi Kurban untuk Mualaf di Pedalaman, Lintasi Jalur Ekstrem

Selanjutnya, dibawa ke Rantau Parupuk dan dipotong saat Rabu (21/7/2021), dalam rangka perayaan Idul Adha 1442 H.

Sariwa yang mewakili umat Hindu di desanya, mengatakan, saling tolerasi di Rantau Parupuk  dilakukan sejak ada warga yang memeluk agama Islam.

“Tak ada masalah bagi kami karena yang penting saling adaptasi,” sambung Ardiyanto, umat Hindu lainnya.

Diketahui, muslim di Rantau Parupuk dibina sejumlah ustaz dari Ponpes Raudatul Ulum.

Baca juga: VIDEO Tradisi Bawanang Warga Pegunungan Meratus Kabupaten HST

Baca juga: Pastikan Efektivitas Posko Sigap Covid-19 PPKM Mikro, Pemkab HST Pantau Desa-desa

Ustaz Fathurrahim, saah satu ustaz pembina, sangat berterima kasih kepada umat Hindu di Rantai Parupuk yang membantu kelancaran proses pengangkutan hewan kurban.

“Saat pemotongan nanti, mereka mengatakan juga akan ikut gotong royong, ”kata Fathurrahim.

Dijelaskan, di Rantau Parupuk juga teah dibangun rumah ibadah, berupa musala, bantuan dari para donatur.

Penyaluran sapi kurban oleh pengurus Baznas Hulu Sungai Tengah (HST) melintasi jalur ekstrem, menuju desa pelosok, di Rantau Parupuk,, wilayah Desa Datar AJab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021).
Penyaluran sapi kurban oleh pengurus Baznas Hulu Sungai Tengah (HST) melintasi jalur ekstrem, menuju desa pelosok, di Rantau Parupuk,, wilayah Desa Datar AJab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI)

Sebelum membangun tempat ibadah tersebut, pihaknya telah meminta izin warga setempat untuk fasilitas ibadah para mualaf.

Alhamdulillah, toleransi warga di sini sangat tinggi, sejak tiga tahunan lalu ada warga yang muslim, mereka tetap hidup berdampingan,” ungkapnya penuh rasa syukur.

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved