Breaking News:

Idul Adha 2021

VIDEO Shalat Idul Adha di Masjid Agung Banjarbaru, Khatib Ingatkan Sesama Muslim Saling Bantu

Salat Idul Sdha 2021 di Masjid Agung Al Munawwarah Banjarbaru, H Syahli Hidayat saat khutbah ingkatkan jemaah untuk saling bantu di masa susah pandemi

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Idul Adha 1422 masih dalam suasana memprihatinkan, yaitu belum hilangnya wabah atau pandemi corona. Namun hal jangan membuat kehilangan makna Hari Raya Kurban ini.

Hal di atas disampaikan Khatib H Syahli Hidayat, SAg, pada pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Al Munawwarah, Jalan Trikora, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (20/7/2021).

Ia juga mengingatkan kita untuk terus mengagungkan syiar Allah SWT sebagai bentuk ketakwaan.

"Syiar untuk berkurban adalah agar kita bisa saling berbagi terutama kepada kaum dhuafa. Karena sesama muslim itu bersaudara dan persaudaraan sesama muslim itu ibarat satu tubuh yang saling merasakan, senasib sepenanggungan," kata Syahli yang juga menjadi imam salat Idul Adha 2021 ini.

Baca juga: Usai Salat Eid di rumah Dinas, Wali Kota Banjarbaru Pantau Pemotongan Qurban

Baca juga: Penjualan Tas Purun di Banjarbaru Meningkat untuk Wadah Daging Kurban Idul Adha 1442 H

Khatib juga menyebutkan hadits bahwa Rasulullah bersabda, ''Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu tubuh, bila ada salah satu anggota tubuh mengaduh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam.'' (HR Bukhari dan Muslim).

Jelas bahwa begitu pentingnya saling menanggung, memikul dan saling membantu dalam kehidupan bermasyarakat bagi sesama umat Islam

Sebelun shalat Idul Adha, Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE, menyampaikan kepada jemaah agar pandemi inii tidak menyurutkan untuk berbagi dan tetap tanah dan menguatkan iman untuk melewati cobaan.

"Semoga Allah SWT mengangkat wabah ini. Kami juga mengimbau agar kita sama-sama meningkatkan keimanan dan ketakwaan sebagaimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," ujarnya.

Baca juga: Kepala Dinkes Kota Banjarbaru Minta Warga yang Belum Divaksin Agar Daftar di Puskesmas

Wakil Wali Kota Banajrbaru Wartono SE juga mengimbau untuk tetap jaga Prokes, karena Prokes itu mengajarkan kita pada kebersihan dan dalam Islam kebersihan itu sebagian daripada Iman.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved