Breaking News:

Berita Banjarmasin

Banjarmasin Diisukan Berstatus PPKM Level 3, Ini Reaksi Wali Kota H Ibnu Sina

Wali Kota H Ibnu Sina tegaskan Banjarmasin tidak menerapkan PPKM Level 3, tapi akan melakukan pengetatan, patroli bersama untuk mengingatkan warga.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina (tengah) mengatakan akan melakukan pengetatan dan patroli bersama untuk penegakan disiplin protokol kesehatan, Rabu (21/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah resmi menghapus istilah Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sebagai gantinya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pun mengganti istilah PPKM Darurat menjadi PPKM Level 3 dan 4, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 23 Tahun 2021.

Terkait hal ini, Banjarmasin diisukan termasuk dalam wilayah yang ditetapkan untuk melaksanakan PPKM Level 3.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menerangkan bahwa acuan penetapan status PPKM Level 3 dan Level 4 adalah Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru Akan Terapkan PPKM Level 3, Mal Buka Sampai Pukul 17.00 Wita

Dan dalam Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021 tersebut, tidak ada kabupaten maupun kota yang termasuk dalam wilayah PPKM Level 3 dan Level 4.

Untuk itu pula, Ibnu Sina menegaskan bahwa Banjarmasin masih belum berada dalam status PPKM Level 3.

"Referensinya Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021. Kriterianya jelas dan untuk Banjarmasin masih di Level 2," ujar Ibnu Sina, setelah menggelar pertemuan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banjarmasin,  Rabu (21/7/2021).

Meskipun belum berada di PPKM Level 3, namun Ibnu menambahkan, Pemko Banjarmasin akan melakukan pengetatan-pengetatan.

Baca juga: Banjarmasin PPKM Level 2, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tetap Berlanjut

Baca juga: Kalsel Tak Masuk Level Tiga Hanya Perpanjang PPKM Mikro

"Kami sudah mengarah ke PPKM Level 3. Jadi, harus dilakukan pengetatan. Kalau sampai ke PPKM Level 3, maka wajib menarik rem darurat dan mulai dilakukan pembatasan-pembatasan lebih ketat. Misalnya, jam operasional mall dan sekolah juga harus online," katanya.

Guna mengantisipasi masuk dalam status PPKM Level 3, Ibnu menambahkan, bahwa beberapa hal akan dilakukan.

"Kami akan melakukan apel gabungan dan patroli bersama untuk mengingatkan warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kita jangan terlena dan harus waspada lagi," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved