Breaking News:

Berita Tanahbumbu

Koleksi Buku Kurang, Sekda Tanbu Minta Semua SKPD Hibahkan Buku ke Perpusda

Koleksi buku di perpustakaan daerah Kabupaten Tanahbumbu, masih dianggap masih kurang. Idealnya sebanyak 100.000 buku, namun yang ada hanya sekitar 34

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Koleksi buku di perpustakaan daerah Kabupaten Tanahbumbu, masih dianggap masih kurang. Idealnya sebanyak 100.000 buku, namun yang ada hanya sekitar 34.000 saja.

Sementara untuk jumlah judul buku, idealnya ada sebanyak 40.000 judul buku, sementara yang ada di perpustakaan Tanbu hanya sekitar 20.000an saja.

Kendati demikian, untuk menambah minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan Daerah juga telah membuat aplikasi I-Digital untuk memudahkan pembaca.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu, M Yusri, Rabu (21/7/2021). Namun, untuk tingkat pembaca saat ini memang diakui menurun selama pandemi covid-19.

Baca juga: Perpustakaan Pal Enam Kedatangan Pemustaka Cilik, Kadispersip Sebut Tanamkan Minat Baca Sejak Dini

Baca juga: Perpustakaan Kabupaten Tanbu Kekurangan Mobil Operasional untuk Jangkau 12 Kecamatan

Baca juga: Perpustakaan Sepi Sejak Pandemi, Darpusda Banjarbaru Perkenalkan Perpustakaan Digital iBanjarbaru

Angka partisipasi dimasa pandemi covid-19 hampir seluruh Indonesia sehingga untuk antisipasi punya cara untuk mengatasi meningkatkan minat baca dengan menggelar perpustakaan keliling di TPA dan sarana publik.

Selama pandemi, angka pengunjung juga dibatasi yakni hanya sekitar 50 orang saja perharinya.

" Untuk mendukung itu, kita sudah buat aplikasi perpustakaan digital, yaitu I-Digital. Sehingga bisa membaca buku secara digital dan ini baru dimulai," katanya.

Selain itu, untuk menambah koleksi perpustakaan, Bupati dan Sekretaris Daerah Tanbu, memprogramkan agar semua SKPD yang melakukan perjalanan dinas bisa menyumbangkan buku.

Ini juga diungkapkan Sekretaris Daerah Tanbu, Dr H Ambo Sakka. Surat tersebut merupakan himbauan kepada semua SKPD untuk menghibahkan.

" Jadi dihimbau untuk semua kepala SKPD dan menyampaikannya ke jajarannya minimal tiap kali perjalanan dinas hibah buku terkait buku pendidikan dan edukasi," katanya.

Terkait buku yang dihibahkan, satu atau dua, tidak terlalu mahal dan dia merasa itu sangat cukup membantu dan beramal.

" Buku itu merupakan suatu kebutuhan, walaupun dunia digital, tetapi saya rasa lebih baik membaca buku secara langsung. Buku itu jendela dunia," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved