Breaking News:

Berita HSU

Stok Oksigen di RSUD Pambalah Batung HSU Kalsel Aman

Di tengah pandemi covid 19 beberapa daerah mengaku kesulitan untuk mendapatkan oksigen, beruntung di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki genera

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Edi Nugroho
Humas HSU
Bupati HSU melihat ruangan dan fasilitas di rumah sakit Pambalah Batung 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Di tengah pandemi covid 19 beberapa daerah mengaku kesulitan untuk mendapatkan oksigen, beruntung di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki generator oxygen central.

Mochammad Yandi Friyadi Direktur RSUD Pambalah Batung mengatakan RSUD Pambalah Batung Amuntai pada tahun 2019 membeli mesin generator oxigen central.

Mesin ini berfungsi menghasilkan oksigen dengan kapasitas 100 liter per menit (LPM) ada 2 mesin jadi totalnya 200 LPM. “Jadi kami sehari bisa memproduksi 16 tabung oksigen, dan cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen,” ujarnya.

Mesin ini bukan cuma sebagai penampung oksigen tapi juga penghasil sehingga tidak bergantung lagi dengan suplai oksigen dari luar.

Baca juga: Pasien Covid- 19 Bergejala Meningkat, Stok Oksigen di RSUD Abdul Aziz Masih Teratasi

Baca juga: Polres Tabalong Pantau Stok Oksigen di PT Samator Gas Industri Tanjung

Baca juga: Pastikan Produksi dan Stok Oksigen Masih Aman, Disperindag Tabalong Sambangi Dua Perusahaan Gas

Baca juga: Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani Tindaklanjuti Info Kenaikan Harga Tabung Oksigen

Dengan kapasitas 200 LPM ini sudah menampung 9 ruangan diantaranya ruang Tulip, UGD, super VIP, hemodealisa , perinatologi, ICU, ruang operasi, ruang bedah, dan isolasi covid.

"kami akan tingkatkan lagi kapasitasnya bila nanti sudah pindah ke rumah sakit yang baru hingga 500 LPM dan ruang administrasi terpisah dengan ruang operator" ujar Yandi.

Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si melihat langsung rangan yang diguyimpan dan menghasilkan oksigen, Rabu (21/07/2021).

Abdul Wahid HK berharap dengan adanya fasilitas instalasi gas medis ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Pambalah Batung Amuntai sehingga stok oksigen di RSUD bisa lebih terpenuhi.

“Tidak hanya fasilitas kesehatan tapi juga pelayanan kepada masyarakat harus lebih baik. Terutama dalam situasi pandmi Covid-19 ini suplai oksigen jadi sangat dibutuhkan,” ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved