Breaking News:

Berita Banjarmasin

Tenda Darurat untuk Pasien Covid-19 di Banjarmasin Masih Belum Diperlukan

Persiapan untuk menghadapi lonjakan pasien Covid-19 rupanya terus menjadi perhatian Pemko Banjarmasin.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina memantau penambahan tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 di RSUD Sultan Suriansyah. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Persiapan untuk menghadapi lonjakan pasien Covid-19 rupanya terus menjadi perhatian Pemko Banjarmasin.

Tak heran karenanya, penambahan kapasitas untuk merawat pasien Covid-19 kembali dilakukan oleh Pemko Banjarmasin, khususnya yang ada di RSUD Sultan Suriansyah.

Cara yang ditempuh, yakni memaksimalkan ruangan-ruangan kosong yang ada gedung baru yang ada di RSUD Sultan Suriansyah.

"Yang sudah tersedia berjumlah 50 tempat tidur pasien, dan kita akan menambah sebanyak 50 tempat tidur lagi, yang ada di lantai 3 gedung baru RSUD Sultan Suriansyah ini," ujar Ibnu saat memantau persiapan penambahan tempat tidur pasien, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Sudah Sepekan Tenda Darurat Covid-19 Berdiri di Halaman RSD Idaman Banjarbaru

Baca juga: Meski Ruangan Masih Kosong, Satgas Covid-19 Dirikan Tenda Darurat di RSDI Banjarbaru

Baca juga: Update Covid-19 Tanahbumbu : Terjadi Lonjakan, Tim Gugus Tugas Bagun Tenda Darurat di RSUD Tanbu

Ditambahkan oleh Ibnu, penambahan tempat tidur pun bisa dilakukan kembali sehingga total keseluruhan bisa mencapai 125 tempat tidur. Sementara pasien yang ada saat ini sebanyak 43.

"Sebenarnya tersedia 180 tempat tidur, tapi yang siap difungsikan itu sebanyak 125. Dan kita bisa memaksimalkan lantai 2 dan lantai 3," katanya.

Terkait dengan penambahan tempat tidur di RSUD Sultan Suriansyah ini pula, Ibnu pun membeberkan bahwa rencana untuk segera membangun rumah sakit darurat menggunakan tenda masih belum perlu dilakukan.

"Memang kemarin ada opsi untuk membangun rumah sakit darurat dengan mendirikan tenda. Tapi lebih baik kita maksimalkan ruangan-ruangan yang belum difungsikan terlebih dahulu, dan ini lebih layak dibandingkan merawat pasien di tenda," jelasnya.

Selain menambah kapasitas perawatan pasien Covid-19 di RSUD Sultan Suriansyah, Ibnu pun mengaku sudah meminta rumah sakit lainnya di Banjarmasin untuk melakukan hal yang sama.

"Kita sudah bertemu dengan pimpinan-pimpinan rumah sakit, dan kita minta juga untuk melakukan penambahan kapasitas menampung pasien Covid-19," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved