Breaking News:

Ekowisata Mangrove Pagatan Besar

VIDEO Wisata Kalsel, Menikmati Keindahan Alam di Ekowisata Mangrove Pagatan Besar

Wisata Kalsel. Keindahan alam di Ekowisata Mangrove Pagatan Besar Kabupaten Tala membuat masyarakat banyak berkunjung. Uang masuknya murah, Rp 5 ribu.

Penulis: Kristin Juli Saputri | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/KRISTIN JULI SAPUTRI
Wisata Kalsel. Titian dari gerbang menuju pantai di Ekowisata Mangrove Pagatan Besar, Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (19/7/2021) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Wisata Kalsel. Keindahan alam di Ekowisata Mangrove Pagatan Besar sangatlah menarik hati.

Hal ini dirasakan pengunjung yang datang ke destinasi tersebut di kawasan Jalan Gang Balai, Desa Pagatan Besar  RT 10, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Santai di sore hari ini, pemandangannya indah. Banyak juga yang berkunjung ke sini,“ ujar Muhammad Nur Wajid kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (19/7/2021) sore.

Nah, tempat wisata ini buka dari pukul 08.00 Wita sampai 22.00 Wita. Bila kalian berkunjung, maka akan diminta mengisi daftar hadir dan cukup membayar Rp 5.000 per orang.

Baca juga: VIDEO Pesona Alam di Bukit Loksajukung Kabupaten Tala Kalsel

Baca juga: Wisata Kalsel, Ubah Area Penggembalaan Sapi Jadi Taman Permana yang Mempesona

Perlu waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin atau sekitar 45 menit jika berangkat dari Kota Pelaihari menuju tempat ini.

Lokasi ini bisa dimanfaatkan sebagai konservasi penanaman mangrove. Dilengkapi, menara pandang, kafe, gazebo, warung, toilet, lahan untuk dirikan kemah, spot foto dan jembatan mengelilingi hutan mangrove.

Belum mantap rasanya bila Anda berkunjung, jika tidak naik ke menara pandang. Menikmati angin laut, suara debur ombak, mangrove hijau membentang, juga kicauan burung.

“Rasanya nikmat, bisa melihat pemandangan indah di sore hari. Kebanyakan pengunjung datang memang pas sore-sore, selepas asha,“ imbuh Muhammad Nur Wahid.

Baca juga: Wisata Gua Marmer di Kabupaten Tala, Warga Sungai Bakar Benahi Bunker Jepang

Baca juga: VIDEO Menikmati Segarnya Hempasan Air Terjun Bajuin

Saat malam, pengunjung bersantai melepas penat dengan menkimati kopi atau minuman lain dan cemilan di kafe.

Menariknya, kafe tersebut menyiapkan tempat duduk yang beragam. Ada kursi biasa dan tersedia juga jejeran hammock yang terikat di pepohonan.

Suasana semakin terasa indah, ketika lampu mulai menyala. Belum lagi, iringan musik yang menambah asyik.

Di musim pandemi seperti sekarang, protokol kesehatan terus diterapkan sesuai anjuran pemerintah. Pengunjung harus memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Wisata Kalsel. Keindahan Ekowisata Mangrove Pagatan Besar di Desa Pagatan Besar RT 10, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021).
Wisata Kalsel. Keindahan Ekowisata Mangrove Pagatan Besar di Desa Pagatan Besar RT 10, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/KRISTIN JULI SAPUTRI)

Kini, hasil dari usaha masyarakat Desa Pagatan Besar bersama sejumlah instansi terkait dalam pengembangan Ekowisata Mangrove sudah dapat dinikmati. 

Wisata ini tentu mendatangkan rezeki bagi penduduk sekitar. Mereka bisa mendirikan usaha kecil berupa warung-warung makanan di kawasan tempat liburan itu.

(Banjarmasinpost.co.id/Kristin Juli Saputri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved