Breaking News:

Travel

VIDEO Wisata Kalsel, Pantai Mangkiling di Pedalaman Meratus Kabupaten HST

Wisata Kalsel. Hutan, Pegunungan Meratus, sungai berair jernih, ada di Pantai Mangkiling di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST.

Penulis: Aya Sugianto | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI -  Wisata Kalsel. Campuran adventure dan keindahan alam mempesona, tersaji di wilayah Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

Nama tempat wisata tersebut adalah Pantai Mangkiling. Bukan seperti pantai yang ada dipinggiran laut. Ini adalah sungai besar diapit bukit, bagian dari Pegunungan Meratus. Airnya jernih.

Jalan menuju Pantai Mangkiling, melewati pohon-pohon kelapa. Terdapat tiga mata air, disebut pancuran bidadari, mengalir dari bambu air yang jernih dan dingin.

Di sisi lain Pantai Mangkiling, pengelola dari Posko Meratus membuat beberapa bangunan untuk bersantai. Dilengkapi meja  dan juga kursi. Halamannya untuk tempat mendirikan kemah dan membuat api unggun.

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel Air Terjun Andikian di Pegunungan Meratus Batangalai Timur HST

Baca juga: Wisata Alam Pulau Mas HST Kalsel, Asyik untuk Ngadem di Tepi Sungai Benawa

Mencapai Pantai Mangkiling, dari Kota Barabai sebagai pusat kabupaten menuju Kecamatan Hantakan terlebih dulu yang jaraknya 9 km. Bisa menggunakan motor ataupun mobil.

Dilanjut menuju Pantai Mangkiling berjarak 3 km dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan indah Meratus. Hamparan hutan, serta hawa nan sejuk.

Di tempat tujuan, wisatawan bisa diajak untuk untuk menjelajah hutan Pegunungan Meratus. Juga, melihat Air Terjun Masangsing. Melihat berbagai jenis pohon besar, buah hutan, jamu, serta tanaman beracun.

"Sebagai putra daerah, kami membuat wisata ini, untuk alam di sini. Berwisata, sambil melestarikan alam dan budaya," ujar, Kasman Susanto, pengelola tempat tersebut.

Baca juga: Uniknya Wisata Kalsel Gua Limbuhang HST, Tetap Jernih Saat Sungai Benawa Keruh, Begini Penampakannya

Apa pula tantangan,  mendaki ke Puncak Priuk. Pengelola, siap mendampingi, memfasilitasi. Biaya pun, bisa dinegosiasikan.

Bagi yang berminat, bisa menghubungi Posko Meratus di Jalan Hasan Basri Kecamatan Hantakan atau kontak person 085248660062.

"Kami berkomitmen untuk menjaga. Pokoknya, alam yang indah ini, mari kita jaga sama-sama," pesan Kasman Susanto.

(Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved