Breaking News:

Berita HST

Bersihkan Pohon Tumbang Halangi Sungai, Warga dan Anggota Koramil HST Bergotong Royong

Warga Desa Pajukungan dan Durian Gantang bersama anggota Koramil Barabai Barabai, Kecamamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah melaksanakan goton

Penulis: Hanani | Editor: Edi Nugroho
Pendim Kodim 1002 Barabai
Warga Desa Pajukungan dan Durian Gantang dibantu anggota Koramil Barabai, BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, bergotong royong membersihkan pohon tumbang di sungai Barabai, Kamis 22/7/2021). 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Warga Desa Pajukungan dan Durian Gantang bersama anggota Koramil Barabai Barabai, Kecamamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah melaksanakan gotong royong, Kamis (22/7/2021.

Gotong royong tersebut membersihkan pohon tumbang yang menghalangi aliran sungai Barabai sejak 18 Juli 2021 lalu.

Pejabat Kepala Desa Pajukungan Rusdiansyah mengatakan pembersihan baru dilaksanakan, karera beberapa hari setelah pohon tumbang warga menyambut Idul Adha 1442 Hijriah.

Hasil koordinasi dengan Babinsa dan BhabinkamtibmasPajukungan serta warga masyarakat disepakati hari dilakukan pembersihan, agar aliran air sungai lancar.

Baca juga: Pohon Tumbang di Balangan, Hancurkan Sebagian Rumah Milik Samlan

Baca juga: Komsos dengan Penanaman Satu Juta Pohon, Danrem 101/Ant Ikut Lestarikan Lingkungan

Baca juga: Ikuti Penanaman Serentak Sejuta Pohon se Kalsel, Kodim 1008/Tabalong Tanam 120 Bibit

“Alhamdulillah berkat bantuan anggota Koramil 1002-06/Barabai, anggota Satgas BPBD HST dan Dinas Lingkungan Hidup HST serta warga masyarakat, aliran sungai menjadi normal kembali,”katanya. Menurut Kades, gotong royong mengatasi permasalahan bersama sudah menjadi tradisi masyarakat setempat.

Sebelumnya, sampah bawaan banjir yang menggunung dan sempat menghambat kelancaran arus sungai pun diatasi masyarakat melalui gotong royong secara manual dibantu anggota TNI dan instansi terkait.

Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono menjelaskan, keterlibatan TNI dalam setiap kegiatan masyarakat, adalah kepedulian terhadap kesulitan rakyat.

“Diminta atau tidak dimintapun kami akan selalu hadir membantu kesulitan rakyat. Khususnya terkait permasalahan lingkungan. Ini salah satu program pembinaan lingkungan oleh TNI-AD,” katanya.

Sesuai amanah 8 Wajib TNI pada butir ke delapan, TNI menjadi contoh dan pelopor usaha mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. Ini bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat,"tambah Danramil.(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved