Breaking News:

Tajuk

Ganti Istilah PPKM

Permasalahan Covid-19 ini belum juga tuntas. Ini bukan cuma urusan pergantian nama istilah PPKM itu sendiri, tapi perlu kesadaran kita bersama.

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah belum mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali yang berlaku sejak 3 Juli 2021. Namun pemerintah ternyata tidak lagi menggunakan istilah PPKM Darurat melainkan PPKM Level 3-4.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Aturan itu juga menyebutkan daerah mana saja yang masuk cakupan kebijakan PPKM Level 3-4.

Secara umum, ketentuan pembatasan pada PPKM Level 3-4 tidak berbeda dengan yang sebelumnya diatur melalui PPKM Darurat.

Lalu bagaimana di Kalsel? Di Banjarbaru misalnya, kabarnya saat ini berada dalam level 3 penyebaran Covid-19. Dimana berdasarkan barometer dan indikator yang ada, apabila ada kenaikan sekitar 20-30 persen, Kota Banjarbaru akan berada di level 4 penyebaran Covid-19.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin Selasa (20/7) pagi mengakui situasi tersebut. Saat ini, Banjarbaru di kondisi level 3 penyebaran Covid-19.

Faktanya, pada situasi terkini, di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru per 20 Juli 2021 pukul 22.20 wita, ada 15 pasien suspek covid-19. Kondisinya, belum dapat masuk kamar perawatan karena ruangan dalam keadaan penuh.

Permasalahan Covid-19 ini belum juga tuntas. Ini bukan cuma urusan pergantian nama istilah PPKM itu sendiri, tapi perlu kesadaran kita bersama.

Apapun istilahnya, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat dirasa sangat penting. Kita jangan merasa cukup lega bila Kadinkes Kalsel HM Muslim menyebut di Kalsel tidak terdapat level 3.

Situasi yang membuat di Kalsel hanya perpanjangan PPKM mikro hingga 25 Juli 2021 ini. Bila tak dibarengi kedisiplinan dalam prokes, bisa jadi istilah PPKM Mikro jadi ikut-ikutan berubah pula.

Faktanya, persiapan ke arah PPKM Darurat atau apapun itu istilah dan namanya, ternyata telah dilakukan. Seperti yang digelar Polresta Banjarmasin beberapa waktu lalu, gelar rapat bersama para pelaku usaha di Kota Banjarmasin. Semoga kita semua disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Salam sehat! (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved