Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Ikan Asin Telang Jadi Incaran Konsumen di Kota Banjarbaru Kalsel

Ikan asin telang di kalangan pedagang di Kota Banjarbaru berkisar Rp 75 ribu sampai Rp 80 ribu per kg. Biasanya Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu per kg.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Penjual ikan asin di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (21/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Banyak pasokan Ikan asin telang di tingkat agen membuat harganya  menjadi cukup murah.

Di beberapa agen di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, jenis Ikan asin telang antara Rp 75 ribu sampai Rp 80 ribu per kg. Biasanya harga per kg mencapai Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu. 

Dikatakan Aisya, pedagang ikan asin di Kota Banjarbaru, jenis telang memang relatif lebih murah karena pasokan cukup banyak dari kawasan Tabanio Kabupaten Tala (Tanah Laut).

"Biasalah, kalau hasil olahan ikan asin banyak di nelayan, maka harga menjadi murah," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id. 

Baca juga: Penjualan Bumbu Rempah di Pasar Bauntung Banjarbaru Meningkat di Momen Idul Adha 2021

Baca juga: Penjualan Tas Purun di Banjarbaru Meningkat untuk Wadah Daging Kurban Idul Adha 1442 H

Karena harganya murah, membuat permintaan konsumen juga lumayan banyak. Biasanya hanya beli setengah kilogram, saat harga turun sekarang ini paling sedikit beli 1 kilogram. 

Bahkan pelanggannya yang biasa mengirim untuk keluaga di Pulau Jawa, membeli sampai 5 kg. Dan ini sering beli dalam dua bulan terakhir.  

"Saya menyediakan stok 50 kg, paling lama seminggu sudah habis terjual," imbuhnya.

Hal yang sama juga diakui Irpan, agen ikan asin di wilayah Loktabat, Kota Banjarbaru. Harga Ikan asin telang turun,  sehingga jualannya laris.

Baca juga: Harganya Bikin Geleng Kepala, Kopi Luwak di Kalsel Tembus Rp 1 juta Perkilogram

Baca juga: Harga Kopi Green Bean Stabil, Per Kilogram Rp 50 ribu

"Ikan telang paling banyak disukai pelanggan. Sekarang banyak dicari karena harga kisaran Rp 75 ribu per kilogram," jelasnya. 

Berbeda saat pasokan turun atau hasil laut para nelayan kurang, maka harga Ikan asin telang bisa mencapai Rp 100 ribu per kg. Bahkan lebih.

"Kalau lagi mahal, saya paling berani ambil 25 kilogram saja. Nah, kalau harga turun, berapa kilo saja saya menyediakan. Cepat habis," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved