Breaking News:

Wabah Corona

Ini Kriteria Pekerja Dapat BLT BPJS 2021, Menaker Ida Fauziyah: 8 Juta Pekerja Bakal Terima Bantuan

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengestimasikan total penerima bantuan subsidi upah alias BLT BPJS di tahun 2021 mencapai 8 juta orang.

Editor: Anjar Wulandari
Humas Kemnaker
Menaker Ida Fauziyah - Ini Kriteria Pekerja Dapat BLT BPJS 2021, Menaker Ida Fauziyah: 8 Juta Pekerja Bakal Terima Bantuan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah atau gaji untuk mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan, maupun pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja.

Kebijakan ini untuk membantu pekerja yang terdampak pandemi covid-19, khususnya setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Darurat.

Terkait Bantuan Subsidi Upah ( BSU) atau yang dikenal juga BSU Kemnaker alias BLT BPJS Ketenagakerjaan tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengestimasikan total penerima bantuan di tahun 2021 mencapai 8 juta orang.

Namun jumlah ini masih berupa estimasi lantaran proses screening data yang sesuai dengan kriteria penerima bantuan masih terus dilakukan BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini penjelasan kriteria pegawai yang berhak menerima BLT BPJS 2021.

Seperti diketahui, pada 2020 pemerintah memiliki program BSU Kembaker yang diberikan pada pekerja yang bergaji dibawah Rp 5 juta.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Emas Antam 1 Gram Turun Rp 3.000 Jadi Rp 980.000

Baca juga: UPDATE Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021, BSU Kemnaker Cair Terbatas untuk Kategori Ini

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan bantuan sebagai bentuk kepedulian pemerintah, seperti dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Estimasi Menaker: Penerima BSU Rp 1 Juta Capai 8 Juta Orang

"Sekali lagi saya tekankan bahwa BSU merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap pekerja dan pengusaha di masa sulit akibat pandemi Covid-19," kata Menaker Ida, Rabu (21/7/2021).

Nantinya, BSU akan diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) yang menetapkan Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Upah/Upah Bagi Pekerja Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease (COVID-19) dan PPKM Tahun 2021

Adapun, kriteria kerja/buruh yang mendapat BSU di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI), Pekerja/Buruh penerima Upah dan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

Ida mengngkapkan alasan BPJS Ketenagakerjaan dipilih sebagai sumber data, mengingat saat ini data BPJS Ketenagakerjaan dinilai paling akurat dan lengkap.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved