Breaking News:

Berita Palangkaraya

Lahan Semak Belukar Bekas Pembersihan Milik Warga Dipantau Patroli Polda Kalteng

Sejumlah lahan semak belukar ilalang bekas tebangan yang mengering dibeberapa lokasi rawan kebakaran di Kota Palangkaraya dan kabupaten di Kalimantan

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id / faturahman
Kawasan lahan kering di Jalan Sumekto Barat ke arah ke Simpang Kandan Kecamatan Kota Besi yang rawan kebakaran di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sejumlah lahan semak belukar ilalang bekas tebangan yang mengering dibeberapa lokasi rawan kebakaran di Kota Palangkaraya dan kabupaten di Kalimantan Tengah, jadi perhatian petugas patroli yang setiap hari berkeliling.

Tim patroli Polda Kalteng melakukan pemantauan dikawasan lahan bekas pembersihan yang sampahnya dibiarkan mengering di pinggiran lahan sehingga rawan terjadi kebakaran, karena lahannya sudah berubah menjadi bahan yang rawan terbakar dan bisa menyebabkan kebakaran lahan luas.

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Palangkaraya sudah mulai jarang, sedangkan suhu udara pun terasa panas terutama siang hari, saat matahari terang menyinari bumi Tambun Bungai. Pantauan di Jalan Tjilik Riwut, Jalan Lingkar luar dan Jalan Soekarno Palangkaraya banyak lahan mengering yang rawan terbakar.

Dalam melakukan antisipasi terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan jajaran Polda Kalteng menggelar patroli ke sejumlah titik di Kota Palangkaraya, Kamis (22/7/2021). Hasil pemantauan lapangan sejumlah ruas jalan, masih terdapat lahan kering bekas tebasan yang memiliki potensi karhutla.

Baca juga: Kawasan Semak Belukar Rawan Kebakaran Lahan di Palangkaraya Instensif Dipantau Polisi

Baca juga: Karhutla Kalteng, Warga Bakar Lahan Berurusan dengan Polsek Ketapang Sampit

Hal ini disebabkan sampah semak belukar hasil tebasan yang telah mengering dibiarkan berada di pinggir jalan, sehingga rawan menyebabkan kebakaran lahan."Petugas kami rutin melakukan patroli keliling kawasan lahan rawan terbakar itu," ujarbKabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, mewakili Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Dia mengatakan patroli rutin personel merupakan salah satu upaya Polda Kalteng dalam meminimalisir dan mencegah terjadinya karhutla di Palangkaraya."Bukan hanya Polda
seluruh polres jajaran yang wilayahnya masuk dalam zona rawan karhutla, juga melakukan hal yang sama," ujarnya seraya mengatakan, personel juga diwajibkan memberikan sosialisasi dan imbauan terkait bahaya karhutla. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved