Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Gelar Festival Ekonomi Syariah di Duta Mall Banjarmasin, BI Kalsel Dukung Pengembangan UMKM Kalsel

Gelar Festival Ekonomi syariah Banua di Atrium Duta Mall Banjarmasin, BI Kalsel dukung sinergi pengembangan ekonomi syariah dan UMKM di Banua Kalsel.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda
Suasana Pembukaan Festival Ekonomi Syariah di atriaum Duta Mall Banjarmasin. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINBPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pandemi Covid-19, berimbas semua ke sektor perekonomian. Namun kinerja ekonomi syariah secara umum justru tumbuh lebih baik dibandingkan perekonomian nasional.

Dari data yang diperoleh oleh Bank Indonesia, sektor pertanian, makanan halal, fesyen muslim, dan pariwisata ramah muslim; kontraksi ekonomi syariah Indonesia pada 2020 mencapai -1,72% (yoy).

Kondisi kontraksi ekonomi syariah Indonesia pada 2020, tidak sedalam ekonomi nasional yang mencapai -2,07% (yoy).

Hal ini mengingat prinsip dasar ekonomi syariah yang pada dasarnya mendorong optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang akan selalu berujung pada aktivitas ekonomi riil secara produktif dan seimbang.

Baca juga: Pemerintah Beri Insentif Usaha Mikro Kecil di Level 4 Rp 1,2 Juta

Baca juga: Hukum Mewarnai Rambut Bagi Umat Muslim, Diharamkan Gunakan Semir Hitam & Ini Dalilnya

Baca juga: YNS Center Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Gang Nuri Banjarmasin

Ekonomi syariah mengedepankan kemitraan yang berkeadilan, mencegah spekulasi non-produktif yang dapat memicu ketidakstabilan, serta memandang kelestarian alam sebagai amanah yang harus dijaga.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Amanlison Sembiring, menjelaskan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional menjadi bagian penting mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan terkait Pembiayaan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Bulan April 2021 yang tumbuh sebesar 7,6 persen (Ytd) menjadi 1.539 Triliun Rupiah.

"Perkembangan ekonomi syariah juga tercermin dari data pangsa sektor Halal Value Chain terhadap pertumbuhan ekonomi domestik sebesar 24,86 persen tahun 2020, melanjutkan tren peningkatan selama 4 tahun terakhir," urainya pada acara Festival Ekonomi syariah Banua di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Jumat (23/7/2021) .

Untuk mewujudkan hal tersebut, sambungnya, Bank Indonesia bersama Pemerintah dan otoritas terkait lainnya terus bersinergi dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved