Breaking News:

Berita Nasional

Kompas Raih Penghargaan Tertinggi Emas dalam Asian Media Awards 2021

Harian Kompas mendapat penghargaan tertinggi emas dalam Asian Media Awards 2021 yang diadakan Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Berita Dunia (WAN-IFRA

Editor: Edi Nugroho
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Perawat beristirahat di sela-sela kegiatan penyaringan (screening) Covid-19 terhadap pasien di sebuah rumah sakit di Medan, Sumatera Utara, 23 September 2020. Perawat menjadi garda terdepan penanganan Covid-19. Foto ini mendapat penghargaan dalam Asian Media Awards 2021. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASNPOST.CO.ID, JAKARTA -Harian Kompas mendapat penghargaan tertinggi emas dalam Asian Media Awards 2021 yang diadakan Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Berita Dunia (WAN-IFRA), Kamis (22/7/2021).

Anugerah tertinggi emas diperoleh Kompas dalam kategori Desain Halaman Depan Surat Kabar, yakni Kompas 2 September 2020 atau edisi peringatan enam bulan setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan pertama kali warga Indonesia terinfeksi Covid-19.

Kompas juga meraih dua perunggu. Keduanya masing-masing untuk kategori Foto Terkait Covid-19 dan Pemasaran Koran (Newspaper Marketing) bertema ”Masker Kompas55”, yakni edisi khusus harian Kompas saat berusia 55 tahun.

Dalam Kompas edisi 2 September 2020, halaman depan menampilkan ikon yang menyimbolkan jumlah orang yang positif Covid-19, korban meninggal, dan mereka yang sembuh. Judul di halaman muka Kompas edisi 2 September 2020 ialah ”Bersiap yang Terburuk, Berharap Terbaik”. Edisi ini disiapkan oleh Redaksi Kompas sebagai edisi khusus peringatan enam bulan Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Peduli Korban Banjir di Kalsel, KG Radio Network Salurkan Bantuan Pembaca Harian Kompas

Baca juga: HUT ke-55 Harian Kompas, Anak Bungsu PK Ojong Ingat Sang Ayah yang Sering Traktir Karyawan

Baca juga: HUT ke-55 Harian Kompas, Sri Mariani Ojong Ingat Koran Ayahnya Dibredel Pemerintah Orde Baru

Selain ikon orang, halaman muka edisi khusus Kompas 2 September 2020 juga menampilkan grafik jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat.

Dalam ringkasannya, WAN-IFRA menilai, halaman muka Kompas menampilkan infografik sederhana berupa ikon yang menunjukkan banyaknya jumlah korban Covid-19.

Tak hanya statistik, halaman muka itu juga menampilkan jumlah korban, dan akan kian banyak korban, jika tiada tindakan nyata masyarakat melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19.

Edisi ini disiapkan oleh Redaksi Kompas sebagai edisi khusus peringatan enam bulan Covid-19 di Tanah Air.

Manajer Desk Visual Kompas Pandu Lazuardi mengatakan, dengan ribuan warga terkonfirmasi positif Covid-19, muncul ide menggambarkan jumlah mereka yang positif, meninggal, dan sembuh dalam format infografik. Hal itu sederhana, tetapi perlu ketelitian, kesabaran, dan akurasi. ”Visualisasi itu memberikan gambaran Covid-19 tak bisa dianggap remeh,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved