Breaking News:

Berita Tabalong

Pasien Covid-19 Tabalong Meningkat, Tempat Tidur Pasien Rumah Sakit Belum Over Kapasitas

Peningkatan pasien yang terpapar Covid-19 saat ini juga terjadi di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penulis: Dony Usman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/donyusman
Juru Bicara Satgas Covid-19 Tabalong Taufiqurrahman Hamdie 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Peningkatan pasien yang terpapar Covid-19 saat ini juga terjadi di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Tabalong, jumlah kasus sejak awal hingga Minggu (25/7/2021), totalnya mencapai 874, terdiri dari 117 pasien masih dalam perawatan, 16 meninggal dunia dan 741 orang yang sudah sembuh.

Meski penambahan pasien positif terjadi hampir setiap hari namun ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di Tabalong disebutkan belum mengalami over kapasitas.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie,menyampaikan,
untuk di Tabalong jumlah bed yang tersedia khusus bagi perawatan Covid-19 di tiga rumah sakit totalnya ada sebanyak 99 tempat tidur.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kota Banjarbaru, 14 Pasien Covid-19 Meninggal, Terkonfirmasi Positif 74 Kasus

Baca juga: RSUD Ulin Banjarmasin Siap Tampung Hingga 400 Pasien Covid-19,

Baca juga: RSI Sultan Agung Banjarbaru Belum Terima Pasien Covid-19, Jika Stok Oksigen Belum Stabil

Baca juga: Dinas Sosial Kalsel Siapkan 10 Tenda Darurat untuk Tempat Perawatan Pasien Covid-19

Rinciannya, di RSUD H Badaruddin Kasim Maburai ada 21 bed, di RS Pertamina Tanjung ada 9 bed dan di RSUD H Usman Dundrung Tanjung ada 69 bed.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Tabalong Taufiqurrahman Hamdie
Juru Bicara Satgas Covid-19 Tabalong Taufiqurrahman Hamdie (banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Hingga hari ini, menurutnya, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Tabalong masih di kisaran 73 persen.

"Untuk RSUD Usman Dundrung kapasitas 69, terisi sampai hari ini 34," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong ini.

Masih belum overnya daya tampung bed ini, imbuhnya, dikarenakan dari seluruh pasien yang ada tidak semuanya dirawat di rumah sakit yang ada di Tabalong.

Di antaranya ada yang di rawat di rumah sakit di luar Tabalong dan ada juga yang melakukan isolasi mandiri karena merupakan pasien OTG.

Seperti dalam penambahan hari ini dari 17 orang terdapat 7 orang yang di luar Tabalong dan kemarin dari 32 yang positif ada 11 orang yang terpapar di luar tabalong berdasarkan lab di luar Tabalong.

Totalnya sudah mencapai 40 orang lebih pasien positif yang saat ini posisinya tidak menjalani perawatan di rumah sakit yang ada di Kabupaten Tabalong.

Pasien yang terpapar di luar Tabalong ini ada yang karena sedang berkegiatan di luar dan juga sudah diam di luar namun masih memiliki KTP Tabalong.
(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved