Breaking News:

Jalur Offroad ke Air Terjun Ayakan Baras

Wisata Kalsel, Air Terjun Ayakan Baras yang Diapit Batu Besar di Kabupaten HST

Wisata Kalsel. Batu-batu besar mengapit aliran air deras hingga disebut Air Terjun Ayakan Baras di Rantau Parupuk, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Wisata Kalsel. Pengunjung bersiap terjun ke air di depan Air Terjun Ayakan Baras di Rantau Parupuk, Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Wisata Kalsel. Sekitar 10 menit menyusuri tepi sungai berbatu-batu besar dari Batu Perahu, maka Air Terjun Ayakan Baras tampak di depan mata.

Destinasi ini ada di Rantau Parupuk, Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan.

Gemuruh air terdengar dari kejauhan. Hamparan putih seperti kapas terpampang di depan mata. Udara sejuk pun meresap sampai ke kulit.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang turun dari ketinggian pegunungan. Air Terjun Ayakan beras sebenarnya mirip riam atau jeram.

Baca juga: Wisata Kalsel, Mampir di Batu Raksasa Sebelum ke Air Terjun Ayakan Baras Kabupaten HST

Baca juga: Wisata Kalsel, Naik Mobil Offroad Lintasi Sungai Berbatu Menuju Air Terjun Ayakan Baras HST

Baca juga: Wisata Kalsel, Mobil Offroad Mudah Terabas Jalur Menuju Air Terjun Ayakan Baras HST

Baca juga: Wisata Kalsel, Lintasi Jalur Ekstrem di Pegunungan Meratus HST untuk Nikmati Keindahan Alam

Air turun dari atas batu besar yang tinggi, diapit batu besar lainnya, sehingga jatuhnya pun menjadi sangat deras. Terlihat begitu indah. Mungkin karena itulah, warga setempat menyebutnya air terjun.

Batu besar dekat air tersebut yang tingginya sejajar, membuat pengujung lebih mudah menikmati percikan airnya. Bahkan bagi yang punya nyali, bisa mandi di bawah jatuhnya air.

Saat berkunjung ke sana, kondisi air sungai tdak begitu dalam sehingga tak membahayakan, jika bercebur di sekitar air terjunnya.

Nah, bagi yang tak bisa berenang, cukup duduk santai di atas batu di dekat tempat jatuhnya air ke sungai tersebut.

Wisata Kalsel. Rehat di antara bebatuan besar di depan Air Terjun Ayakan Baras di Rantau Parupuk, Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021).
Wisata Kalsel. Rehat di antara bebatuan besar di depan Air Terjun Ayakan Baras di Rantau Parupuk, Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI)

Dijamin, akan betah berjam-jam. Bahkan bisa sambil tiduran karena hamparan batu besar di sekitarnya bisa untuk rebahan.

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved