Breaking News:

Karhutla di Kalteng

Kebakaran Lahan Gambut Sekitar Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Pemadaman Berlangsung 1,5 Jam

Tim Karhutla dari BPBD Palangkaraya dan relawan pemadam lainnya berhasil padamkan kebakaran lahan seluas 1 hektare sekitar Bandara Tjilik Riwut.

Penulis: Fathurahman | Editor: Syaiful Akhyar
BPBD Palangkaraya
Petugas saat memadamkan kebakaran di Jalan Bandara Utama 1 Palangkaraya, Kalteng, Minggu (25/7/2021) 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Tim Karhutla dari BPBD Palangkaraya dan relawan pemadam lainnya berhasil padamkan kebakaran lahan seluas 1 hektare sekitar Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya.

Petugas mengetahui adanya kebakaran lahan tersebut setelah mendapatkan informasi dari grup Satgas kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla Tim BPBD Kota Palangkaraya pada Minggu (25/7/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Tim karhutla pun langsung bergerak ke titik kebakaran lahan gambut. Sekitar 1,5 jam pemadaman berlangsung, kebakaran lahan bawah tanah gambut ini akhirnya berhasil ditaklukan.

Jajaran kepolisian Polresta Palangkaraya, hingga, Senin (26/7/2021) masih melakukan penyelidikan terkait terjadinya kebakaran lahan yang terjadi tak jauh dari bandara Tjilik Riwut tersebut.

Baca juga: Sebanyak 108 Warga Kabupaten HSU yang Terpapar Covid-19 Lakukan Isolasi Mandiri

Baca juga: Arab Saudi Buka Kuota Ibadah Umrah, Begini Aturan Ketat Diberlakukan untuk Jemaah

Baca juga: Santer Merebak Penemuan Mayat di Desa Abumbun, Kapolsek Sungai Tabuk Ungkap Kronologis Sebenarnya 

"Kebakaran terjadi pada bagian atas dan bawah lahan gambut sehingga memunculkan asap dari dalam tanah gambut yang terbakar," ujar dalah satu petugas.

Provinsi Kalimantan Tengah mulai memasuki musim kemarau, sehingga antisipasi kerawanan kebakaran hutan dan lahan semakin ditingkatkan.

Masyarakat  juga berperan penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut salah satunya dengan memberikan informasi jika melihat ada terjadi kebakaran.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, meminta masyarakat turut membantu aparat dalam mengantisipasi Karhutla dengan segera memberitahukannya jika muncul titik kebakaran hutan dan lahan di lingkungannya. 

"Bahaya karhutla dapat dicegah bersama-sama, kita semua menjaga lingkungan. Jika ada melihat kebakaran lahan secepatnya berikan informasi kepada petugas dari Polri TNI atau instansi terdekat lainnya agar cepat tertangani sehingga kebakaran tidak meluas," ujarnya.

"Agar kebakaran tidak semakin meluas, masyarakat diharap mengimbau kepada warga di lingkungannya agar tidak melakukan pembersihan dengan cara membakar," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved