Breaking News:

Wisata Kuliner Tepi Danau Kabupaten Tala

Kuliner Kalsel, Masyarakat Mandiri Bangun Tempat Kuliner Tepi Danau di Kabupaten Tala

Kuliner kalsel. Rumah makan tepi danau di area perkebunan PTPN XIII Pelaihari, Kabupaten Tala, termasuk wisata kuliner yang dikembangkan masyarakat.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Kuliner Kalsel. Pemandangan dari rumah makan tepi danau di area perkebunan PTPN XIII Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan wisata kuliner yang dikembangkan masyarakat, Senin (26/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kuliner kalsel. Kuliner adalah salah satu bentuk wisata yang tengah digarap serius oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan.

Makanya, sebisa mungkin semua ditata dan dikreasi semenarik mungkin. 

Rumah makan tepi danau di area perkebunan PTPN XIII Pelaihari di Kabupaten Tala, Kalsel, adalah termasuk wisata kuliner yang dikembangkan masyarakat.

Dan memang, Pemkab Tala sangat mendorong kemandirian masyarakat dalam membangun objek wisata. 

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel, Menikmati Keindahan Alam di Ekowisata Mangrove Pagatan Besar

Baca juga: Dekat dari Kota untuk Menuju Tempat Wisata Loksajukung Kabupaten Tala

Bupati Tala HM Sukamta pernah menjelaskan, objek wisata terus digarap dan diharapkan bisa berkembang hingga menjadi kekuatan ekonomi masyarakat setempat.

"Semua punya potensi masing-masing. Dan obyek wisata itu dipersilakan untuk dikelola swasta," ujarnya. 

Lanjut Sukamta, ada 30 objek wisata tersebut dan pemkab Tala mempercayakan pada pihak swasta agar masyarakat juga bisa tumbuh ekonominya.

Sedangkan pemerintah, menurut Bupati, perannya hanya regulasi, fasilitasi, promosi, motivasi.

Baca juga: Wisata Kalsel, Taman Permana Pelaihari Langganan Jadi Tempat Prawedding

Baca juga: Wisata Kalsel, Air Terjun Berada di Kawasan Hutan Lindung Kawasan Bajuin Kabupaten Tala

"Masing-masing objek wisata punya keunggulan, karakteristik dan didesain dengan segmen berbeda satu sama lain," papar Sukamta. 

Kabupaten Tala memang kerap menjadi destinasi bagi pelancong yang tidak hanya dari seantero Kalimantan Selatan, tapi juga provinsi tetangga, yaitu Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur. 

Target Pemkab Tala, objek wisata yang ada bisa menjadi destinasi Kalselteng. Makanya, dibangun infrastruktur jalan yang dinamakan Koridor Utara Timur, terdiri jalur Bajuin-Kiram-Kota Banjarbaru.

Kuliner Kalsel. Rumah makan tepi danau di area perkebunan PTPN XIII Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan wisata kuliner yang dikembangkan masyarakat, Senin (26/7/2021).
Kuliner Kalsel. Rumah makan tepi danau di area perkebunan PTPN XIII Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan wisata kuliner yang dikembangkan masyarakat, Senin (26/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN)

Koridor tengah, yaitu jalan nasional. Koridor Selatan Barat terdiri jalur Aluh Aluh-Bumi Makmur-Kurau-Tabonio-Takisung-Batakan-Jorong.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved