Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

Warga Kalteng Keluhkan Belum Optimalnya Distribusi Vaksinasi Covid-19

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kalteng dianggap berjalan lambat, setiap digelar kegiatan banyak warga yang ditolak dengan alasan kehabisan

Penulis: Fathurahman | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Pelaksanaan vaksinasi secara drive thru di Jalan Yos Soedarso Palangkaraya oleh Polda Kalteng banyak mendapat responpositif warga Kalteng 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah, dinilai sebagian masyarakat setempat berjalan lambat.

Buktinya, saat digelar kegiatan vaksinasi masih banyak warga yang ditolak dengan alasan kehabisan jatah vaksin.

Beberapa warga Palangkaraya, Katingan dan daerah lainnya, yang belum mendapatkan vaksin menghendaki agar pendistribusiannya segera.

"Kami di Sampit juga ingin program vaksin secara drive thru, karena tidak ada kerumunan, tapi sampai sekarang belum ada seperti itu," ujar Zain, salah satu warga Kotim.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalteng, Pasien Meninggal Sehari 23 Orang, Wali Kota Bahas Raperda Disiplin Prokes

Baca juga: Pemprov Kalteng Salurkan Bansos Beras dan BST Untuk Keluarga Penerima Manfaat

Keluhan warga Kalimantan Tengah untuk mendapatkan vaksinasi ini disuarakan tokoh muda Kalimantan Tengah, H. Heru Hidayat, Senin (26/7/2021).

Banyak warga yang datang kepadanya mengeluhkan sulitnya mendapatkan vaksin di Bumi Tambun Bungai ini, padahal peminat vaksin sangat banyak.

Dia mengingatkan dan menyampaikan harapannya kepada pemerintah Pusat agar segera mengisi kekosongan vaksin di beberapa daerah, termasuk di Kalimantan Tengah.

"Saya mendapatkan keluhan dan informasi dari masyarakat mengenai kekosongan vaksin, sebagian mengalami penundaan proses vaksinasi dari jadwal yang sebelumnya," ujarnya.

Menurut aktivis kemanusiaan ini, sebagian besar masyarakat antusias ikut program vaksinasi, bahkan ada yang rela mengantre dan meluangkan waktu mengikuti anjuran Pemerintah tersebut.

Baca juga: Ini 23 Poin yang Termuat dalam Surat Edaran Pemko Banjarbaru Selama PPKM Level 4, Berlaku Hari ini

Baca juga: Ketua Dekranasda Kabupaten HSU Beri Semangat kepada Perajin Anyaman Purun di Pematang Benteng

"Saya juga berterima kasih karena ada upaya perbaikan bagi manajemen pelaksanaan vaksinasi dengan tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, saat melakukan kegiatan vaksinasi drive thru di Jalan Yos Soedarso, Palangkaraya, mengakui, setiap dilaksanakan vaksinasi massal antusias warga tinggi, tetapi jumlah vaksin yang disediakan belum mencukupi.

Saat ini, pelaksanaan vaksinasi di Kalimantan Tengah, masih jauh dari yang diharapkan, karena belum mencapai target.

Agar memperoleh herd humaniti paling tidak mencapai 70 persen, dari target 2 juta lebih penduduk saat ini baru mencapai 19-20 persen saja.

Kapolda mengatakan, saat ini fokus pelaksanaan vaksinasi adanya di pulau jawa dan bali, tidak termasuk Kalteng.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved