Breaking News:

Berita Tala

Pelaihari Masih Dominasi Kasus Covid-19 di Tanahlaut, Belasan Balita Isolasi di Fasyansus

Seperti sejumlah daerah lainnya di Indonesia, lonjakan kasus corona virus diseases (covid-19) juga terjadi di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan S

Penulis: Idda Royani | Editor: Edi Nugroho
AMY HASAN UNTUK BPOST GROUP
Koordinator Karantina Fasyansus Covid-19 Tala HM Rafiki Effendi menyerahkan surat keterangan sembuh 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Seperti sejumlah daerah lainnya di Indonesia, lonjakan kasus corona virus diseases (covid-19) juga terjadi di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Seatan (Kalsel).

Kasus terbanyak tetap berada di wilayah Kecamatan Pelaihari, terutama di wilayah kota, jumlahnya lebih seratus orang. Belasan orang di antaranya balita kelompok usia 0-5 tahun. Ini merupakan angka pasien balita terbanyak jika dirunut ke belakang.

Data terkini pada Fasilitas Layanan Khusus (Fasyansus) Covid-19 Tala hingga Selasa (27/7/2021) pagi ini setidaknya jumlah pasien dari Pelaihari mencapai 163 orang. Ini belum termasuk pasien covid bergejala yang dirawat di RSUD Hadji Boejasin di Kelurahan Saranghalang.

Sekadar diketahui, Fasyansus dikhususkan bagi pasien covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan. Fasyansus bertempat di eks RSUD Hadji Boejasin di kawasan Jalan Hadji Boejasin, Pelaihari.

Baca juga: Update Data Covid-19 Kapuas: 33 pasien Dinyatakan Sembuh, Positif Bertambah 41

Baca juga: Aman, Stok Oksigen untuk Pasien Covid-19 di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin

Baca juga: Persediaan Oksigen Menipis, RSUD Ratu Zalecha Banjar Tak Menerima Pasien Rawat Inap Baru

Baca juga: Pasien Covid-19 Meningkat di Kabupaten Tanbu, Stok Oksigen Tetap Perlu Tambahan

Kasus terbanyak kedua yakni di wilayah Kecamatan Kintap, 13 orang. Disusul Kecamatan Kurau 7 orang, Bajuin 5 orang, Tambangulang 4 orang, Takisung 3 orang, Batuampar 2 oeang, Jorong 1 orang, Batibati 1 orang.

Lalu, pasien dari luar wilayah Tala sebanyak 27 orang. Sedangkan satu-satunya kecamatan nihil pasien covid-19 di Fasyansus yakni Kecaatan Bumimakmur yang merupakan pecahan Kecamatan Kurau.

Pasien dewasa kelompok usia 18-60 tahun juga tetap mendominasi Fasyansus, jumlahnya sebanyak 170 orang (82 laki-laki, 88 perempuan). Lalu, pasien anak-anak kelompok usia 6-17 tahun sebanyak 31 orang (12 laki-laki, 19 perempuan).

Kemudian pasien balita kelompok usia 0-5 tahun sebanyak 19 orang (8 laki-laki, 11 perempuan). Seluruhnya masih menjalani isolasi di Fasyansus dan kondisinya umumnya baik.

Sedangkan pasien lansia kelompok usia di atas 61 tahun sebanyak delapan orang. Terdiri atas lima orang laki-laki dan tiga orang perempuan.

Koordinator Bidang Kesehatan Fasyansus Covid-19 Tala H Amy Hasan mengatakan pasien sembuh dan pasien baru masih silih berganti. Pada 25 Jul 2021 tercatat 32 orang pasien yang sembuh dan dipulangkan.

"Rinciannya, sembuh 3 orang, selesai isolasi 27 orang, dan dua orang isoman (isolasi mandiri)," sebut Amy. (banjarmasinpost.co.ididda royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved