Breaking News:

Kalselpedia

Kalselpedia - Nasi Humbal Plus Lauk Bapalan, Kuliner Khas Dayak Meratus di Kabupaten HST

Makanan tradisional warga Dayak Meratus di Kabupaten HST, nasi humbal dan lauk bapalan, dimasak di dalam batang bambu dan dibakar. Bumbunya alami.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Kalselpedia. Nasi humbal yang sudah matang, setelah dimasak sekitar satu jam dalam ruas batang bambu. Kuliner khas di kalangan warga Dayak Pegunungan Meratus di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kalselpedia. Warga Dayak Meratus punya kuliner khas, yaitu Nasi humbal dan Lauk Bapalan.

Makanan tradisional ini juga dikenal di kalangan Warga Dayak Meratus di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), selain di Loksado Kabupaten HSS (Hulu Sungai Selatan), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Nasil humbal dimasak dengan cara dipanggang, menggunakan ruas batang bambu, seperti lamang yang menggunakan beras ketan. Namun, nasi humbal menggunakan beras biasa, yaitu beras gunung atau gogo.

Sebelum dimasak, beras gunung yang sudah dicuci bersih dibungkus daun lirik. Jenis daun ini dari tanaman lirik yang hanya ada di hutan Pegunungan Meratus.

Beras dibungkus satu persatu, seperti membuat lepat. Jika daunnya besar, bisa pula bungkusannya menjadi satu, tergantung selera.

Baca juga: Pembunuhan Kalsel, Warga Gambah HST Ditebas karena Menegur Pelaku yang Sedang Cekcok dengan Istri

Baca juga: Pembunuhan Kalsel, Warga Gambah HST Tewas Diserang Saat di Rumahya

Kemudian, dimasukkan dalam bumbung atau ruas batang bambu yang jenisnya tipis. Lalu dimasukkan air dan selanjutnya dibakar di atas api selama sekitar satu jam.

Jika sudah matang, nasi didinginkan sampai hangat. Bungkusan daun berisi nasinya, dikeluarkan satu persatu.

Jadi, proses memasaknya sangat alami. Tanpa menggunakan alat modern, panci.

Rasa khas dari daun lirik yang baunya lebih wangi, langsung menyeruak begitu bungkusan daunnya dibuka.

Biasanya, Nasi humbal disantap dengan Iwak Bapalan atau lauk dengan bumbu kunyit, kemiri, serai, bawang merah dan bawang putih serta garam plus sedikit gula yang langsung dicampur air tanpa disangrai.

Nasi humbal yang sudah matang, kuliner khas di kalangan warga Dayak Pegunungan Meratus di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan.
Kalselpedia. Nasi humbal yang sudah matang, kuliner khas di kalangan warga Dayak Pegunungan Meratus di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan. (BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved