Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pengelola UPPB Dintung Raya di Balangan Mampu Produksi Lump Karet 1.000 Ton Per Bulan

Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar Dintung Raya di Desa Sirap Balangan calon penerima penghargaan dari Kementan karena mampu 1.000 ton lump per bulan

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
DISBUNNAK KALSEL
Tempat penyimpanan karet lum di Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Dintung Raya, Desa Sirap Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  PARINGIN - Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Pertanian Kabupaten Balangan mengunjungi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Dintung Raya.

Kunjungan unit di Desa Sirap Kecamatan Juai tersebut untuk memonitor dan mengevaluasi UPPB Dintung yang memproduksi Iump terbanyak di Kabupaten Balangan. Total 7.040.000 kg telah dihasilkan pada tahun 2020.

Penjelasan H Thaudin atau akrab disapa H Ita, pengurus UPPB, uni ini dibentuk pada 2020 dan beranggotakan 150 orang. Saat ini memproduksi 1.000 ton Iump per bulan dengan total luas lahan sekitar 700 hektare.

Lump dengan tingkat kadar Karet Kering (KB) yang telah mencapai 65 persen-68 persen, pemasarannya sudah langsung kerja sama dengan pabrik crum rubber.

Baca juga: Petani Loklahung Kabupaten HSS Kembali Bergairah Menyadap Karet, Harga Jual Membaik

Baca juga: Distanhorbun Tala Berharap Makin Banyak Petani Gabung ke UPPB, Ini Manfaatnya

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Karet, UPPB di Tabalong Dapat Mesin Pembuat Asap Cair

Berhasil memproduksi lump terbanyak, UPPB Dintung Raya direncanakan menjadi kandidat yang diusulkan Disbunnak Kalsel sebagai penerima penghargaan dari Kementerian Pertanian RI. 

Untuk itu, Disbunnak Kalsel menghimbau agar UPPB Dintung Raya dapat terus mempertahankan kerja sama dengan anggota UPPB maupun pihak lainnya sebagai pemasok lump.

Serta, dapat terus mempertahankan prestasinya bahkan meningkatkannya demi kemajuan dan kesejahteraan para petani karet.

(Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved