Berita Banjarmasin

Jelang Sidang Pengucapan Putusan Perkara PSU Pilgub Kalsel di MK, Polda Kalsel: Situasi Kondusif

Karo Ops Polda Kalsel mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Kepolisian terkait sidang pengucapan putusan oleh MK

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
humas polda kalsel
Personel Sat Brimob Polda Kalsel saat melakukan patroli pengamanan saat pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel Tanggal 9 Juni Tahun 2021 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan akan menggelar sidang dengan agenda pengucapan putusan perkara perselisihan hasil PSU Pilgub Kalsel, Jumat (30/7/2021).

Putusan dalam sidang yang digelar secara daring tersebut akan menentukan apakah permohonan perkara akan ditolak atau dilanjutkan untuk masuk ke rangkaian sidang pemeriksaan.

Jika Mahkamah memutuskan untuk menolak memeriksa permohonan perkara, maka hasil rekapitulasi pasca PSU Pilgub Kalsel dapat segera ditindaklanjuti dengan penetapan paslon terpilih oleh KPU Kalsel.

Sedangkan jika permohonan diterima dan dilanjutkan dengan sidang pemeriksaan, maka proses atas penentuan paslon terpilih masih akan berlanjut.

Baca juga: MK RI Dijadwalkan Bacakan Putusan Perkara PHPU Pilgub Kalsel Besok, Begini Analisa Pemohon

Baca juga: Komisioner KPU Kabupaten Banjar Kalsel Tak Bersaksi dalam Sidang Pilkada Kalsel di MK

Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Subchan mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Kepolisian terkait sidang pengucapan putusan oleh MK.

"Tidak ada, kita semua konsen ke ops yustisi," kata Kombes Pol Subchan dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id.

Terus memonitor kondisi, menurutnya hingga beberapa jam jelang sidang digelar tidak didapati adanya riak-riak atau gejolak di tengah masyarakat terkait sidang MK dengan pengucapan putusan tersebut.

Karenanya, situasi diyakini tetap dapat kondusif.

Kepolisian menurutnya saat ini masih terus fokus pada upaya-upaya untuk menekan angka penularan Covid-19 yang beberapa minggu belakangan terus meroket di Kalsel.

"Jumlah positif naik terus, konsentrasi ke Covid," tegasnya.

Baca juga: Berlakukan PPKM Level 3, Pemkab Batola Salurkan Bantuan

Sebelumnya, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto juga sempat mengimbau seluruh masyarakat Kalsel khususnya para tim pemenangan, tim sukses dan simpatisan kedua Paslon untuk tenang menunggu keputusan MK.

Ia menilai, setelah dilaksanakannya PSU Pilgub Kalsel, tugas masing-masing tim pemenangan dan tim sukses kedua Paslon sudah selesai.

"Siapapun, tim pemenangan, tim sukses, relawan 01 dan 02 sudah melaksanakan tugasnya. Sekarang tugasnya MK yang dikedepankan. Jadi tidak perlu lagi terlalu heboh, kita bekerja saja, bermasyarakat yang baik saja dan kita serahkan ke MK memutuskan yang terbaik," kata Irjen Pol Rikwanto.

Kapolda Kalsel meyakini, MK akan bekerja dengan proporsional dan profesional dalam membuat putusan atas perkara perselisihan tersebut.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved