Bank Kalsel

Dukungan Bank Kalsel Rantau, Petani Jingah Babaris Berhasil Budi Daya Tanaman Hortikultura

Keberhasilan pertanian hortikultura ini merupakan kerja keras para petani di Desa Jingah Babaris, disertai dukungan dari Bank Kalsel Cabang Rantau

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Petani Desa Jingah Babaris, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, panen timun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Desa Jingah Babaris berhasil membudidayakan berbagai tanaman multi komoditas Hortikultura di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (31/7/2021).

Keberhasilan pertanian Hortikultura ini merupakan kerja keras para petani di Desa Jingah Babaris, disertai dukungan dari Bank Kalsel Cabang Rantau dan aparat Kantor Kecamatan Tapin Utara

Pertanian hortikultura yang berhasil dibudidayakan antara lain semangka, jagung, pare, Timun dan jenis-jenis sayuran lainnya.

Kepala Devisi Kredit Bank Kalsel Kantor Pusat, Izhar, kepada Banjarmasinpost.co.id, mengatakan, keberhasilan ini sudah dirasakan para petani beberapa bulan terakhir ini.

Baca juga: Dua Hektar Lahan Non Produktif Di Desa Sungai Rutas Tapin Terbakar

Baca juga: Gencarkan Operasi Yustisi di Tapin, Petugas Jaring Sembilan Pelanggar Prokes

"Salah satu jenis tanaman hortikultura yang berhasil, yakni timun, sudah dipanen oleh para petani sebanyak 150 kilogram," jelasnya.

Ditambahkan Izhar, ke depan, beberapa tanaman akan ditanam lagi melon, lombok dan semangka.

"Bila semua sudah berhasil, kami berharap para petani ini memiliki ATM harian, mingguan dan bulanan, sehingga masyarakat di Desa Jingah Babaris ini bisa meningkatkan taraf hidupnya," jelasnya.

Sementara itu, Konsultan Pertanian Perbenihan Bogor, Cecep, mengatakan, keberhasilan, multi komuditas ini berawal dari percobaan menggunakan lahan yang kurang produktif.

Baca juga: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Petugas PPKM Desa Sawija Tapin Rutin Cek Kesehatan Warga

Baca juga: Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Covid-19, Kapolsek Tapin Utara Ajak Warga Terapkan Pola Hidup Sehat

"Lahan kurang produktif itu kami ubah, sehingga bisa berhasil. Kami akan ubah menjadi usaha tani bagi warga Desa Jingah Babaris," jelasnya.

Masih kata Cecep, selain tanam sayuran, pihaknya juga akan meningkatkan fungsi lahan ini untuk jenis tanaman pangan lainnya.

"Kami akan mengolah lagi dengan fasilitas tekhologi terbaru dari Indonesia Farming. Alhamdulillah dengan adanya demplot ini, masyarakat yang mulanya hanya sebagai buruh tani, buruh bangunan bisa jadi produktif," jelasnya

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved