Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO PMI Tanahlaut Gencarkan Donor Darah, Ratusan Bingkisan Disiapkan Bagi Pendonor

Sejak Covid-19 melanda dua tahun lalu hingga sekarang, ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menyusut drastis, termasuk PMI Tanahlaut.

Penulis: Idda Royani | Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak Covid-19 melanda dua tahun lalu hingga sekarang, ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menyusut drastis, termasuk PMI Kabupaten Tanahlaut (Tala).

Karena itu pengurus PMI Tala terus melakukan beragam upaya guna menggairahkan kembali semangat elemen masyarakat berdonor darah.

Senin (2/8/2021) hari ini pagi hingga sore digelar donor darah di markas PMI Tala di kawasan Jalan Hadji Boejasin, Pelaihari.

Donor darah tersebut akan berlanjut hingga sekitar sepuluh hari mendatang. Ada bingkisan sembako yang disiapkan bagi para pendonor.

Baca juga: Update Covid-19 Banjarbaru: 7 Pasien Meninggal, 4 Sembuh, Positif 12 Orang

Baca juga: Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin: Insya Allah Hadir

Baca juga: Subsidi Listrik 2021 Diperpanjang Hingga Desember 2021, Begini Syarat dan Ketentuan Mendapatkan

Bingkisan tersebut selain dari PMI Tala juga dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tala. Memaknai Hari Koperasi Nasional ke-74, Diskopdag setempat membantu PMI Tala melaksanakan kegiatan donor darah massal.

"Kami menyiapkan 300 paket bingkisan bagi para pendonor. Namun kami harapkan bukan karena bingkisannya, tapi niat tulus ikhlas berdonor," ucap H Syahrian Nurdin, ketua PMI Tala.

Syahrian yang juga kepala Diskopdag Tala ini mengatakan ada atau tidak ada bingkisan, diharapkan semangat masyarakat tetap tinggi untuk berdonor darah.

Dikatakannya, ketersediaan darah di PMI Tala sangat tipis. "Kita tidak pernah punya stok harian hingga 50 kantong darah. Padahal yang kami layani lima rumah sakit," sebutnya.

Di sisi lain, lanjut Syahrian, kebutuhan darah cukup tinggi. "Dapat kita simak informasi yang beredar di sosmed, hampir tiap hari ada yang memerlukan darah," tandasnya.

Dirinya kembali mengajak segenap lapisan masyarakat Tala untuk tidak takut berdonor darah. Empati sosial di tengah kondisi pandemi seperti saat ini teramat dibutuhkan untuk saling membantu antarsesama.

Kegiatan donor darah tersebut mendapat apresiasi Bupati Tala HM Sukamta. Bahkan orang nomor satu di Tala ini turut mendonorkan darahnya.

(banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved