Breaking News:

KKN Mahasiswa Unlam

Bermodal Hanya Ember, Mahasiswa ULM Ajarkan Peliharaan Ikan Lele ke Warga

Tidak punya kolam besar untuk memelihara dan membudayakan Ikan jenis lele. Tidak perlu khawatir Fakultas perikanan dan kelautan ULM Banjarbaru membebe

Penulis: Khairil Rahim | Editor: Edi Nugroho
Rifiana
KKN Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU -Tidak punya kolam besar untuk memelihara dan membudayakan Ikan jenis lele. Tidak perlu khawatir Fakultas perikanan dan kelautan ULM Banjarbaru membeberkan cara mudah budidaya ikan bahkan dalam ember.

Hal itu mereka praktekan kepada sejumlah warga di RT 19, RW 04, kelurahan sungai besar, Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru.

Peserta KKN 2021 kelompok 2, Fakultas Perikanan dan kelautan i j memberdayakan masyarakat dengan mengadakan pelatihan pembuatan budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) bagi rumah tangga.

"Kami ingin masyarakat memberikan pelatihan budidaya ikan secara mandiri dan sederhana," kata salah satu mahasiswa Ahmad Rijal Kamil.

Baca juga: KKN LPPM ULM Ajari Warga Bikin Kemasan Biar Menarik

Baca juga: KKN Hibrid Mahasiwa niversitas Lambung Mangkurat Bantu Mengantisipasi Dampak Covid-19

Baca juga: Adu Inovasi KKN Mahasiswa Unlam ke Masyarakat, Berlomba Turun ke Desa

Baca juga: Mahasiswa KKN di Palangkaraya Turut Mengedukasi Warga agar Menaati Prokes

Dia menjelaskan peserta dari warga sekitar sebanyak 6 orang dan peserta KKN 2021 kelompok 2 di awasi oleh dosen yaitu oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Ir. Hj. Herliwati, M. Si, Ketua Laboratorium Basah bapak Ir. Agussyarif Hanafie, M. Si serta Ketua KKN 2021 bapak Ir. H. Ahmad Murjani, M. S.

Hanya bermodal beberapa ember serta ikan lele dan tanaman kangkung masyarakat bisa membudidayakannya.

Teknik budidayanya mudah dan tidak menggunakan peralatan yang banyak. Barang-barang itu bisa didapatkan bebas di sekitar rumah.

Dengan menggunakan wadah ember yang telah diisi air, lalu masukan sekam arang dan kangkung yang masih berakar serta anakan lele.

"Kangkung dimasukan dalam gelas aqua dan digantung di sekeliling gentong menggunakan kawat pengait," tambah dia.

Dia menambahkan, ikan yang dibudidayakan sendiri dan tidak membutuhkan biaya besar. Karena hanya untuk konsumsi setiap hari

Jika usaha ini berkembang dengan baik dan dibuat dalam jumlah yang besar pula maka hasilnya dapat dipasarkan secara luas guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat. (Banjarmasin post.co.id/Khairil rahim).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved