Breaking News:

Berita Tala

Masa Pandemi, Posyandu di Kabupaten Tanahlaut Diminta Lakukan Inovasi Pelayanan

Berkepanjangannya pandemi coron virua diseases (covid-19) mengharuskan semua pihak melakukan penyesuaian aktivitas agar terhindar dari risiko penulara

Penulis: Idda Royani | Editor: Edi Nugroho
DISKOMINFO TALA
Tim dari Dinkes Tala melihat dari dekat inovasi pelayanan posyandu pada masa pandemi covid-19 saat ini 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Berkepanjangannya pandemi coron virua diseases (covid-19) mengharuskan semua pihak melakukan penyesuaian aktivitas agar terhindar dari risiko penularan virus yang belum ditemukan penangkalnya tersebut.

Tak terkecuali pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang memiliki peran penting terhadap kesehatan ibu dan anak. Termasuk dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta stunting.

Guna mendorong kreativitas dan inovasi pelayanan kader posyandu di tengah pandemi saat ini, Pemkab Tala melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Lomba Posyandu Tahun 2021 tingkat kabupaten

Penilaian dimulai sejak 22 Juli lalu dan akan berakhir Selasa (3/8/2021) hari ini. Sebanyak 15 posyandu dari 15 puskesmas di Tanahlaut kini bersaing secara positif guna memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga: Ketua TP PKK Kabupaten Tanbu Lakukan Pembinaan Posyandu di Desa Ringkit

Baca juga: Khawatir Gizi Anak dan Kesehatan Ibu Gegara Pandemi, Ketua TP PKK Tanbu Harapkan Posyandu Diaktifkan

Baca juga: TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung, Kader Posyandu Desa Lokbatu Ikuti Penyuluhan KB

"Mudah-mudahan adanya lomba seperti itu bisa makin menggenjot semangat kader posyandu. Mereka itu luar biasa semangat sosialnya," sebut Husni, warga Pabahanan, Pelaihari, Selasa (3/8/2021).

Ia mengaku punya teman seorang kader posyandu. Secara rutin mereka sukarela cuap-cuap melalui pelantang di rumah ibadah untuk mengumumkan pelaksanaan kegiatan posyandu.

"Kadang pagi-pagi sudah mengumumkan, bergerak dari langgar satu ke langgar lain. Bayangkan, orang lain mungkin masih malas-malasan bergerak," sebutnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Tala, Yuliansyah, mengatakan inovasi pelayanan di tengah pandemi Covid-19 sangat diharapkan hadir di tiap posyandu. Terutama yang mengikuti lomba.

“Sebelumnya pelayanan ada perkumpulan di Posyandu. Nah, kita lihat sekarang bagaimana? Sebentar lagi juga akan ada pembagian Vitamin A, kita nilai bagaimana, cara yang dilakukan,” sebutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved