Breaking News:

Tajuk

Bertaruh Sehat Demi Vaksin

Fenomena antrean dan kerumunan warga saat ingin mendapatkan vaksinasi tentunya harus dicarikan solusi

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID - RATUSAN orang rela antre berjubel demi mendapatkan nomor antrean vaksinasi Covid-19 di GOR Hasanuddin, Banjarmasin, Kamis (12/2/2021). Pelaksanaan vaksinasinya baru akan dilakukan Selasa pekan depan. Tidak semua orang yang datang bisa mendapatkan nomor antrean lantaran keterbatasan kuota yang akan dilayani.

Tak hanya di GOR Hasanuddin Banjarmasin, pemandangan serupa hampir selalu tampak saat penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 massal di tempat lainnya. Entah di Rumah Sakit, Kantor Pemerintahan, Kodim, Polres, Lanal atau gedung publik lainnya.

Antusiasme warga yang ingin mendapat vaksinasi Covid-19 belakangan memang kian tak terbendung. Bukan cuma lantaran kesadaran pentingnya vaksinasi, tapi juga seiring dengan regulasi baru yang seolah ‘memaksa’ masyarakat untuk divaksin Covid-19.

Sayangnya, kuota vaksinasi untuk warga terbatas pada setiap kali pelaksanaannya. Banyak yang kecele karena tidak dapat dilayani, meskipun telah berjubel dan ikut mengantre. Demikian pula dengan layanan vaksinasi online di puskesmas tiap wilayah juga belum mampu melayani warga maksimal. Hal itu disebabkan jatah vaksin terbatas, membuat jadwal vaksinasi untuk sebagian besar pendaftar tak jelas.

Hal ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) sendiri bagi pemerintah. Fenomena antrean dan kerumunan warga saat ingin mendapatkan vaksinasi tentunya harus dicarikan solusi. Jangan sampai, antrean ini menjadi klaster baru penularan covid-19. Ingin vaksinasi tapi malah bertaruh dengan kesehatan sendiri.

Apalagi pemerintah mengasumsikan tingginya kasus covid-19 di Kalsel akibat turunnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan (Prokes).

Untuk itu, bagi anda yang ingin mengantre vaksin, ingatlah untuk selalu menjaga prokes dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Kalaupun terpaksa berada di kerumunan, setelah selesai segeralah pulang ke rumah untuk mandi dan segera berganti pakaian. Jangan lupa perkuat imun tubuh dengan vitamin dan berolah raga. Semoga pandemi cepat berlalu. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved