Berita Banjarmasin

65 Karya Lukis Topeng dan Tiga Seni Instalasi di Tampilkan di Taman Budaya

Sebanyak 65 karya lukis dan tiga intalasi mengikuti Pameran Seni Lukis dengan tema Topeng dan Intalasi yang dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Kals

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Edi Nugroho
Dede
Pameran Seni Lukis di Taman Budaya Provinsi Kalsel 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 65 karya lukis dan tiga intalasi mengikuti Pameran Seni Lukis dengan tema Topeng dan Intalasi yang dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Kalsel di Jalan Hasan Basri Banjarmasin, Kamis (12/8/2021) sore.

Pameraan Seni Lukis diikuti pelukis se Kalsel dan Instalasi berlangsung cukup sederhana dan dibuka Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti.

"Pembukaan sifatnya sederhana tak mengudang pejabat hanya perupa yang terlibat serta menerapkan protokol kesehatan," papar Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti, Kamis..

Dijelaskannya peserta pameran seni lukis ada 65 karya yang terdiri dr perwakilan kabupaten/kota Kalsel dalam Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan dan sanggar Sholihin.

Baca juga: Berpartisipasi di Pameran Lukisan di Taman Budaya Kalsel, Pelukis Kotabaru Angkat Tari Topeng

Baca juga: VIDEO Melihat Aktivitas Pelukis Kabupaten Tapin di Akhir Pekan

Baca juga: Iduladha, Pelukis Asal Tapin ini Tuntaskan Lukisan Datu Kelampayan

Baca juga: Pelukis Motif Sasirangan, Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Berdayakan Difabel

"Kalau Seni Intalasi hanya ada tiga dari Sanggar Sholihin," paparnya.

Dijelaskan Suharyanti, dilaksanakan Pameran Seni Lukis ini supaya seni lukis melalui perupa-perupa di Kalsel, selain semua bisa mendapat ruang untuk memamerkan karyanya seni lukis secara khusus dan seni rupa secara umumnya, bisa lebih berkembang dan lebih eksis ke dunia luar.

"Inti Kalsel juga memiliki banyak SDM pelukis atau perupa yang bisa dihandalkan karya seninya," ucapnya.

Suharyanti menambahkan, kenapa mengambil tema topeng, tak lain keberadaan topeng di Kalsel nanti di akhir bulan Aguatus ada pertunjukan kesenian topeng dari lima kabupaten secara virtual.

Selain Pameran Seni Lukis, juga ada seni peetunjukan secara virtual. Ada lima komunitas seni tayang mulai tanggal 13 Agustus sampai 17 Agustus 2021.

"Program kegiatan ini walau pun mash dalam pandemi dan adanya PPKM, Taman Budaya Kalsel tetap semangat menyemarakkan dan memperingati hari Jadi Propinsi Kalsel yang k- 71 tahun dan hari Kemerdekaan RI -76 tahun.
Sementara itu salah satu peserta pelukis asal Kotabaru, Zainal Arifin mengamu sangat senang berpartisipasi dalam Pameran Seni Lukis di Taman Budaya.

"Saya mendapat undangan melukis dari Ikatan Pelukis Kalsel. Saya pun tertarik mencoba mengikuti pameran lukisan nanti," kata Zainal.

Menurut dia, lukisan yang ditampilkan Tari Topeng Banjar. "Saya membikin lukisan Tari Topeng mengingat kesenian hampir punah dan perlu perhatian semua pihak," ucapnya.(banjarmasin post.co.id/syaiful anwar).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved