Breaking News:

Wabah Corona di Kalteng

Wabah Corona Kalteng, Warga Diimbau Isoman di Tempat yang Disediakan agar Mudah Ditangani

Polda Kalimantan Tengah kembali mengimbau kepada warga yang terpapar covid 19 agar melakukan isolasi mandiri di lokasi terpusat

Penulis: Fathurahman | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Fathurahman
Rumah Sakit Darurat Hotel Aman jalan Galaxy II Palangkaraya Kalteng menampung pasien positif Covid-19 bergejala sedang dan ringan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Masih banyak warga terpapar Covid-19 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang isolasi mandiri tanpa melapor kepada petugas PPKM.
Padahal, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dan Forkopimda Kalteng sudah mengumumkan tidak adalagi warga yang isolasi di rumah.

Kamis (12/8/2021), Polda Kalimantan Tengah kembali mengimbau kepada warga yang terpapar covid 19 agar melakukan isolasi mandiri di lokasi terpusat yang telah disediakan oleh pemerintah agar pasien bisa tertangani dengan baik saat kondisinya memburuk.

Selama ini kebanyakan yang terjadi saat isolasi mandiri perawatannya tidak baik.

Ketika pasien isolasi mandiri tiba-tiba sesak nafas tanpa adanya perawatan yang baik dilarikan ke rumah sakit sudah dalam keadaan parah, dan sulit untuk menolongnya.

Baca juga: Kebakaran di Kalteng, Dua Rumah di Jalan Anggrek Palangkaraya Terbakar, Kerugian Rp250 Juta

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Pelaksanaan 3T dan Isoman Terpusat Belum Optimal, Gubernur Instruksikan ini

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Dokkes Kombes Pol Danang Pamudji, mengatakan saat ini di sejumlah kabupaten dan kota memiliki lokasi isolasi mandiri yang telah difasilitasi pemerintah.

Seharusnya tidak adalagi isolasi mandiri di rumah.

Khusus di Kota Palangkaraya, isolasi mandiri yang difasilitasi pemerintah berada di Hotel Batu Suli, Hotel Aman maupun Asrama Haji.

Juga ada rumah sakit lapangan yang disiapkan RS TNI-AD di Jalan Diponegoro Palangkaraya yang baru saja diresmikan oleh Komandan Korem 102 Panju Panjung Berigjen TNI Purwo Sudaryanto.

Baca juga: Kayu Olahan Talenan Ulin dari Kalsel Diekspor ke Singapura

Baca juga: Penganiayaan di Kalsel, Tersangka Penyerang Anggota Polsek Awayan Dalam Pengejaran Polisi

Danang Pamuji mengingatkan, beberapa waktu lalu Forkopimda Kalteng telah menegaskan bahwa tidak ada lagi isoman di rumah pribadi.

"Ini kami lakukan untuk menekan angka penyebaran Covid 19 dan penanganan yang dilakukan kepada pasien yang terpapar Covid-19 bisa cepat dan tepat," ujarnya.

Pada lokasi isoman terpusat yang disediakan oleh pemerintah Kota Palangkaraya maupun Pemerintah Kalteng, Polda Kalteng maupun RS TNI AD semuanya telah menempatkan tenaga kesehatan untuk berjaga membantu pasien termasuk peralatan pendukungnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved