Breaking News:

Berita Kalteng

ESDM Kalteng Gunakan Aplikasi Sigei Awas Perek untuk Awasi Kegiatan Penambangan dan Reklamasi

Aplikasi Sigei Awas Perek milik Dinas ESDM Kalteng digunakan mengawasi kegiatan penambangan dan reklamasi perusahaan

Penulis: Fathurahman | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/fathurahman
Kepala Dinas ESDM Kalteng, Ermal Subhan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Kalimantan Tengah melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggunakan aplikasi melakukan pengawasan penambangan dan reklamasi.

Aplikasi yang diberinama Sigei Awas Perek milik Dinas ESDM Kalteng ini, merupakan aplikasi Sistem Informasi Geospesial Pengawasan Penambangan dan Reklamasi yang dipakai oleh instansi tersebut mengawasi kegiatan perusahaan.

Kepala Dinas ESDM Kalteng, Ermal Subhan, Jumat (13/8/2021) mengatakan, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2010 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara, diperlukan sistem informasi geospesial mengoptimalkan pengawasan pertambangan batuan dan izin pertambangan rakyat.

Baca juga: Bantuan Sosial Beras untuk Keluarga Penerima Manfaat di Kalteng Mencapai 145.316

Baca juga: Bawa Hasil PCR Palsu, Penumpang Positif Covid-19 Diamankan di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya

Aplikasi tersebut, terus disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait, seperti perwakilan perusahaan pemegang izin usaha pertanbangan (IUP) batu bara, mineral logam, mineral non logam, dan batuan dan hasil bumi lainnya.

"Aplikasi ini untuk optimalisasi pelaksanaan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pengelolaan usaha pertambangan batuan dan izin pertambangan rakyat. Selain itu mensosilisasikan web yang kami miliki," ujarnya.

Aplikasi yang dikenalkan tersebut, adalah aplikasi sistem Informasi pada Kantor Dinas ESDM Kalteng yang berbasis sistem informasi geografis atau GIS, aplikasi yang dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan IUP yang terkomputerisasi agar dapat meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya.

Baca juga: Kasatlantas Polres Tapin Pimpin Jumat Berkah, Bagikan Paket Sarapan Pagi untuk Masyarakat

Baca juga: PPKM Level IV di Banjarbaru, Puluhan Pedagang Terciduk Bawa Masker tapi Tak Dipakai

Aplikasi tersebut, juga bertujuan menyediakan atau menyajikan informasi peta secara digital serta diakses secara online dengan internet sehingga memudahkan pencarian data dan informasi pada sebuah wilayah.

"Pengembangkan aplikasi ini juga sebagai implementasi dan pengembangan dari proyek perubahan peningkatan pengawasan penambangan dan reklamasi," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved