Breaking News:

Bumi Murakata

Festival Pangan Lokal Tingkat HST 2021, Cheri Berharap Masyarakat Kreatif Sajikan Menu Keluarga

Festival pangan lokal setiap tahun dilaksanakan dengan melibatkan seluruh pengurus PKK di 11 Kecamatan di Hulu Sungai Tengah.

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
diskominfo hst
Ketua TP PKK HST menyemangati peserta lomba memasak pada Festival Pangan Lokal (FPL) Tingkat Kabupaten Tahun 2021 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan bekerja sama dengan TP. PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar Festival Pangan Lokal (FPL) Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dengan tema “Cegah stunting dengan memanfaatkan pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) untuk menciptakan hidup sehat aktif dan produktif ”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Kabupaten HST, Kamis (12/08/21).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) HST Cheri Bayuni Budjang menjelaskan, di HST banyak sekali terdapat tumbuh-tumbuhan yang merupakan sumber daya alam.

Jika dimanfaatkan dengan baik, dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Tim juri melakukan penilaian menu masakan yang dibuat peserta.
Tim juri melakukan penilaian menu masakan yang dibuat peserta. (diskominfo hst)

Salah satunya berupa menu makanan sehat yang banyak mengandung gizi seimbang dan aman untuk kebutuhan selain makanan pokok nasi, seperti umbi-umbian.

Cheri juga menambahkan umbi-umbian sebenarnya dapat diolah dan dimanfaatkan dengan baik dengan berbagai variasi menu yang sehat tanpa mengurangi nilai gizinya.

Hal itu untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan terhadap menu makanan yang sudah ada, sehingga dapat menumbuhkembangkan kreativitas dalam mengolah makanan.

Festival pangan lokal setiap tahun dilaksanakan dengan melibatkan seluruh pengurus PKK di 11 Kecamatan di Hulu Sungai Tengah.

"Setiap tahun pula kita akan menambah daftar menu baru yang sama-sama kita ciptakan dan kemudian kita tampilkan pada festival pangan lokal ini. Namun, pada setiap pelaksanaan festival pangan lokal (FPL), saya mengharapkan agar yang benar-benar kita perhatikan adalah peningkatan wawasan dan menambah pengetahuan tentang pengelolaan pangan lokal yang lebih bervariasi, bukan hanya mengikuti perlombaan," tutup Cheri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Hulu Sungai Tengah HM Yuserani menyebutkan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan serta meningkatkan kualitas hidupnya.

Selain itu, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat yaitu ubi kayu.

Juga membangun budaya keluarga dan masyarakat untuk mengkonsumsi aneka menu makanan khas daerah sesuai prinsip B2SA.

Adapun Tim Penilai Festival Pangan Lokal (FPL) terdiri TP PKK HST, Dinas Kesehatan HST, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. HST.

Pada lomba tersebut perwakilan dari Kecamatan Limpasu, berhasil meraih juara pertama, perwakilan dari kecamatan Batang Alai Selatan juara kedua Kecamatan Hantakan juara ketiga.

Adapun juara favorit, perwakilan dari Kecamatan Batu Benawa. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved