Breaking News:

Berita Banjarmasin

Jembatan Alalak I Baru Hampir Rampung, Pemko Banjarmasin Rencanakan Bangun Fasilitas Ini

Proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak atau juga yang dikenal dengan Jembatan Alalak I Baru (cabel stayed) dijadwalkan rampung 15 September 2021.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat memantau progress proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak I Banjarmasin, Jumat (13/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak atau juga yang dikenal dengan Jembatan Alalak I Baru (cabel stayed) dijadwalkan rampung 15 September 2021.

Apabila selesai dikerjakan, maka jembatan yang pembangunannya mencapai Rp 278 Miliar ini akan menjadi salah satu bangunan ikonik di Banjarmasin.

Tidak menutup kemungkinan, jembatan ini pun akan menjadi salah satu destinasi untuk warga Banjarmasin dan sekitarnya.

Terkait hal ini pula, Pemko Banjarmasin pun berencana membangun fasilitas publik di sekitar jembatan yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Batola ini.

Baca juga: Jembatan Alalak I Lama Segera Dibongkar, Warga Diminta Bersabar

Baca juga: Jembatan Alalak 1 Banjarmasin Dijadwalkan Uji Fungsi Agustus Ini

Hal ini pun dibeberkan oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat memantau progress pembangunan Jembatan Alalak I Baru, hari ini Jumat (13/8/2021) pagi.

Menurutnya, Jembatan ikonik seperti ini pasti akan menjadi destinasi, dan sebagai antisipasi maka perlu disiapkan ruang publik. Tujuannya, agar masyarakat bisa menikmati kawasan ini sebagai sebuah destinasi.

Ia mencontohkan, misalnya membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sisi bagian oprit jembatan.

"Termasuk juga misalnya membuat lajur untuk sepeda bahkan untuk disabilitas,"imbuh Ibnu Sina kepada awak media.

Ibnu juga berkeinginan agar pembangunan jembatan tersebut juga memiliki catatan sejarah, selain untuk bahan kajian ilmu khususnya di bidang konstruksi.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI (BBPJN) Banjarmasin, Syauqi Kamal menerangkan, progress pembangunan Jembatan Alalak I Baru sampai saat ini sudah mencapai 93,2 persen.

Baca juga: Pembongkaran Jembatan Alalak I Lama Menggunakan Metode Khusus

Dengan kata lain, pengerjaan bentang utama jembatan telah seluruhnya rampung dan tinggal memasuki tahap finishing.

"Progress nya sudah 93,2 persen. Tinggal pengaspalan kemudian perapian, termasuk jalan akses yang di bawah serta lampu," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved